Senin , 17 Februari 2020

1200 Jama’ah Tarekat Naqsyabandiah Labura Ikut Haul Tuan Basilam

Langkat, (Kabar Labura)

1200 Jamaah Tarekat Naqsyabandiah diberangkatkan Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah, SE ke Babussalam dalam rangka Peringatan Haul ke 96 Tuan Guru Besilam Syekh Abdul Wahab Rokan Al Khalidi Naqsyabandi, Sabtu (18/1), di Madrasah Besar Babussalam Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat.

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi hadir bersama Ibu Ketua TP. PKK Provsu Ny. Nawal Lubis Edy Rahmayadi pada Haul ke 96 Tuan Guru Besilam.

Dalam sambutannya, Edy mengatakan
Babussalam, khususnya komplek Tuan Guru Besilam, merupakan tempat yang sangat dihargai dan dihormati oleh banyak orang. Tidak hanya dari Sumatera Utara (Sumut), tetapi juga seluruh Indonesia dan mancanegara berbondong-bondong datang berkunjung.

“Tempat yang sangat berarti untuk banyak orang yang ingin mendalami agama. Sebagai Gubernur saya minta maaf belum bisa melakukan banyak hal untuk tempat ini, tapi kedepannya saya berencana dan berjanji jadikan daerah ini destinasi wisata religi. Akses ke sini dibenahi agar memudahkan orang-orang yang berkunjung ke sini,” ujar Gubsu Edy.

Edy menceritakan dirinya memiliki kenangan dan ikatan emosional dengan madrasah tuan guru basilam. Sejak kecil, dirinya sering diajak oleh ayahnya ke sini. “Waktu itu, saya hanya bisa sampai di luar saja. Sekarang saya bisa berbicara di sini, suatu kebanggan buat saya,” ucapnya.

Peringatan Haul ke 96 kemudian dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama tuan guru Tarekat Naqsyabandiah Se-Sumut.

Pada Haul ke 96 itu, Pemkab Labura juga melakukan pelayanan perobatan gratis melalui Dinkes Labura yang dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Dr. Hj. Saddah Nasution, dan Kabid Yankes Zukkarnen SKM, MM. (Rahmad Hidayat/KL)