Home » Berita dan Kegiatan » Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual

Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Berbasis Akrual

Labura – Dalam rangka memberikan kemudahan SKPD untuk menyusun laporan keuangan berbasis Akrual Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Keuangan SKPD berbasis Akrual bagi Pejabat Penata usahaan Keuangan, Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, Pengurus Barang, Penyimpan Barang dan Operator Simda, baik Simda Keuangan Maupun Simda BMD, pada Badan dan Dinas unit kerja se- Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura).

Kegiatan itu dilakukan selama 2 hari sejak tanggal 14 Desember 2017 s/d 15 Desember 2017 di Aula Gedung Serba Guna Kantor Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) kegiatan itu di buka oleh Wakil Bupati Labuhanbatu Utara, Drs. Dwi Prantara, MM.

Dalam sambutannya Dwi mengucapkan selamat datang kepada Kepala Koordinator Pengawasan Investigasi 2 dan Tim Fraud Control Plan dari perwakilan BPKP Provinsi dan Kepala Bidang Pembinaan Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara, beliau juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara. Karena atas pendampingan dari BPKP, Kabupaten Labura sejak tahun 2014 sampai dengan tahun 2016 memperoleh Opini tertinggi dari BPKP Provinsi Sumut yaitu Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Sesuai amanat pasal 10 ayat (2) Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual pada Pemerintah Daerah, pemerintah daerah harus telah mengimplementasikan akuntansi berbasis akrual.

Bimbingan Teknis (BIMTEK) penyusunan laporan keuangan OPD berbasis akrual merupakan Strategi khusus untuk meningkatkan kemampuan khususnya pengelolaan Laporan keuangan, adapun tujuan Bimtek ini agar dalam pelaporan keuangan berbasis Akrual yang dinilai dapat memberikan manfaat yang lebih dalam meningkatkan transparansi pengelolaan keuangan pemerintah dalam rangka Akuntabilitas.

Kegiatan Bimbingan Teknis itu dihadiri para jajaran OPD, Kepala perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara yang di wakili oleh Koordinator Pengawasan Investigasi 2 dan Tim Fraud Control Plan, Pimpinan Bank Sumut Cabang Aek Kanopan, bendahara pengeluaran, pembantu bendahara pengeluaran.