Home » Berita dan Kegiatan » Bupati Cek Kesiapan Personil dan Kendaraan Damkar

Bupati Cek Kesiapan Personil dan Kendaraan Damkar

Guna melihat kesiapan petugas dan mobil pemadam kebakaran (Damkar) di Labura, Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah, SE melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Dinas Pemadam Kebakaran, Senin (20/11).

Dalam sidak di Dinas Pemadam Kebarakan Bupati yang dikenal tegas ini langsung mengecek secara detail peralatan Damkar yang ada, seperti mobil dan peralatan alat pendukung lainnya. Dalam kesempatan itu, ia juga minta kepada staf untuk mengoperasikan mobil Damkar untuk memastikan kesiapan mobil damkar dalam menghadapi musibah kebakaran.

Menurut Bupati, sidak yang dilakukan adalah untuk mengecek perlengkapan dan kesiapan personel dan mobil Damkar untuk mengantisipasi apabila terjadi bencana kebakaran.

“Perawatan/pemeliharaan alat sangat penting mendapat perhatian, untuk menjaga alat-alat dalam keadaan siap pakai agar peralatan dapat berfungsi dengan sebaik baiknya. Petugas pemadam harus segera melakukan perbaikan/penggantian, apabila ada alat yang rusak.” Ucapnya.

Kharuddin juga meminta kepada Kepala Dinas Pemadam Kebakaran untuk mencek kondisi tabung Racun Api tiap 3 bulan sekali yang ada di setiap OPD – OPD agar tidak terjadi malfungsi karena error atau hal lainnya pada saat akan digunakan.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Ahmad Sofyan, ST mengatakan, “bahwa personilnya juga rutin melakukan perawatan, seperti pemanasan mobil di setiap pagi agar memperpanjang usia pakai mobil.

Usai dari Pemadam Kebakaran, Bupati juga mengecek sejumlah Kantor Dinas lainnya. Memeriksa sejumlah ruangan untuk melihat kebersihan kantor serta pendukung peralatan kerja lainya seperti komputer, mesin genset dan AC.