Nusa Dua, Bali – Berbagai upaya dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara dalam memperbaiki pelayanan kepada publik, termasuk pelayanan dibidang transportasi. Bukan saja menambah rambu lalu lintas pada titik-titik tertentu, namun juga peningkatan kualitas SDM di bidang perhubungan darat. Terkait hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara melakukan kesepakatan bersama dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD). Kesepakatan bersama tentang peningkatan pembangunan di Kabupaten Labuanbatu Utara melalui Tridharma Perguruan Tinggi  Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)  Nomor: HK.201/2/19/STTD.2018 dan Nomor : 550/214/DISHUB/2018 pada hari Selasa, 13 Maret 2018 ini, baik Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara maupun STTD, sepakat bersama dibidang pendidikan, penelitian,  dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas SDM. Ini dengan ketentuan diantaranya, pembangunan daerah adalah usaha untuk meningkatkan kualitas dan perikehidupan  manusia dan masyarakat yang dilakukan  secara terus menerus berdasarkan kemampuan daerah memanfaatkan kemajuan  ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global. Ketentuan lain yakni Tridharma perguruan tinggi  adalah tugas perguruan tinggi dalam rangka mengembangkan dan memberdayakan masyarakat  melalui proses pendidikan, penelitian dan  pengabdian kepada masyarakat.

Kesepatakan bersama tersebut kemudian ini dilakukan Penandatangan MoU STTD dengan 26 Kab/Kota Se- Indonesia yang digelar di The Westin Resort Nusa Dua Bali.  Perjanjian kerjasama ini langsung ditandatangani oleh Ketua STTD, Suharto, A.TD, M.M sebagai pihak pertama dan Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah, SE sebagai pihak kedua, acara ini juga dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Setdakab Marwansyah, SH, Kadis Perhubungan Hery Wahyudi Marpaung, S.S.TP, M.AP, Kabag Humas dan Protokol Timbul Jhonwilson Harianja, S.STP, MSi dan Kabag Umum dan Perlengkapan Mhd. Ikhsan, S.STP, M.AP. STTD mempunyai kewajiban dan tanggungjawab untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dibidang transportasi darat serta berpartisipasi dalam pemenuhan kebutuhan SDM bidang perhubungan darat  di wilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara. Sementara itu, Pihak Kedua yakni Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara berkewajiban dan bertanggungjawab dalam pemenuhan Sumber Daya Manusia dibidang perhubungan darat di wilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara.  Perjanjian kerjasama ini berdasarkan ketentuan antara lain, Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian, dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Usai melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan STTD, orang nomor satu di Kabupaten Labuhanbatu Utara ini menyampaikan rasa terima kasih kepada STTD yang telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara. Diharapkan kerjasama tersebut bisa menyiapkan SDM transportasi darat yang unggul dan profesional sesuai dinamika maupun kebutuhan di wilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara ungkap yang akrab disapa H.Buyung. (Diskominfo)