Home » Berita dan Kegiatan » Bupati Labura Tandatangani Perjanjian Kerjasama APIP APH terkait Penanganan Laporan Pengaduan Masyarakat

Bupati Labura Tandatangani Perjanjian Kerjasama APIP APH terkait Penanganan Laporan Pengaduan Masyarakat

Bupati Labuhanbatu Utara H.Kharuddin Syah SE hadiri dan mengikuti Koordinasi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dengan Aparat Penegak Hukum (APH) terkait Penanganan Laporan atau Pengaduan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Kharuddin yang didampingi oleh Inspektur Inspektorat Labuhanbatu Utara Drs. Armada Pangaloan bersama Kabag Hukum Labuhanbatu Utara Zahida Hanafi SH, lakukan tukar menukar informasi penanganan Pengaduan masyarakat antara APIP dan APH. Di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumatera Utara Jln. P.Diponegoro No.30 Medan, Selasa (15/05).

Pada acara yang dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara Dr. Ir. H. Tengku Ery Nuradi M.Si. Tengku Ery menyampaikan Koordinasi APIP dan APH ditujukan untuk menghindari terjadinya perasaan khawatir dan gamang yang selama ini dialami penyelenggara pemerintahan.

Ada rasa takut untuk bertindak, Salah secara administratif lalu dapat dipidanakan. Dampaknya adalah terhambatnya pembangunan di daerah dan melambatnya penyerapan anggaran di daerah, Terang Tengku Ery.

Terkait dengan Agenda ini koordinasi APIP dan APH ini bukan untuk melindungi kejahatan apalagi menutupi tindakan Pidana.

Perjanjian kerjasama tersebut bertujuan untuk Memberikan pedoman batasan mekanisme tindak lanjut laporan/pengaduan yang berindikasi administrasi dan pidana.

Namun harapannya penerapan hukum pidana merupakan tindakan terakhir (Ultimum Remidium) dalam menilai tindakan penyelenggaraan pemerintahan sehingga pembangunan baik dipusat maupun di daerah dapat berjalan dengan efektif, Ucap Tengku Ery.

Kegiatan dirangkai dengan Deklarasi Damai dan anti terhadap radikalisme, terorisme, premanisme dan segala kejahatan kejahatan yang dapat mengadu domba dan memecah belah di Provinsi Sumatera Utara.