Home » Berita dan Kegiatan » Camat Kualuh Hulu : Walau di Kampung, SMA Kesuma Bangsa Berprestasi dan Tidak Kampungan

Camat Kualuh Hulu : Walau di Kampung, SMA Kesuma Bangsa Berprestasi dan Tidak Kampungan

SMA Kesuma Bangsa Londut Kecamatan Kualuh Hulu Kab. Labura menggelar acara Wisuda Purna Siswa (WPS) dan perpisahan kelas XII sekaligus peresmian mushalla, Sabtu (22/4) di sekolah yang berdiri tahun 2005 tersebut. WPS perdana tahun kesepuluh diikuti 106 siswa kelas XII dan dihadiri oleh Camat Kualuh Hulu Jhon Ferry SSTP, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdis) Kualuh Hulu Irwan Harahap SPd MPd, Danramil 01/AK Mayor Infanteri Tamrin Hasibuan, Anggota DPRD Rulis Harahap SSos, Kepala Desa Londut, Ketua Gerakan Pemuda Al-Washliyah Labura Haris Muda Siregar SE, para guru dan ratusan orang tua.

“Terus berkarya dan berinovasi agar sekolah ini lebih maju. Walau di kampung, sekolah ini tidak kampungan dan memiliki berbagai prestasi,” ujar Jhon Ferry, Camat Kualuh Hulu yang mewakili Pemkab Labura dalam sambutannya usai prosesi wisuda.

Dikatakan Jhon, SMA Kesuma Bangsa Londut yang pernah meraih Adi Wiyata direncanakan akan medapatkan bibit untuk ditanam di areal sekolah. Selain itu, Jhon yang sebelumnya Camat di Aek Kuo itu optimis, drumband SMA Kesuma Bangsa yang baru berusia kurang dari 3 bulan akan mampu berkompetisi baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional.

Prosesi wisuda dimeriahkan dengan performa berbagai kreativitas dan telenta siswa seperti kemampuan komunikasi berbahasa Inggris, tarian etnis Minang Kabau, Jawa, dan Batak Toba.

3 Faktor Kemajuan

Dalam sambutannya, Kacabdis Kualuh Hulu mengatakan bahwa belajar bersifat ‘long life education’, sepanjang masa. Menurutnya, ada 3 faktor kemajuan bangsa, yaitu SDM 45 %, SDA 35 %, dan relasi 30 %.

“Ke depan, ilmu yang paling penting. Sebab lahan perkebunan tidak ada lagi untuk dikelola. Jikapun ada, harganya sangat mahal,” ujar Kacabdis.

Tetap Bersinergi

Sementara itu, Danramil 01/AK Mayor Infanteri Tamrin Hasibuan berharap adanya sinergisitas instansi pendidikan dengan Koramil 01/AK.

“Potensi akan lebih dahsyat jika kira bersinergi,” ujar satu-satunya Danramil di Labura yang merupakan putra daerah Labura.

Tamrin yang baru menjabat 19 hari itu mengatakan, pendidikan merupakan modal dasar. Sebab menurutnya, kekayaan akan hancur jika tidak didukung pendidikan.

Sarat Prestasi

Walau berusia 11 tahun, berbagai prestasi telah diraih sekolah SMA Kesuma Bangsa Londut. Dikatakan Patar Lumbantoruan SPd, Kasek sekolah tersebut, berbagai event telah dimenangkan sekolahnya. Di antaranya Juara II Tari Tingkat Provinsi, Juara II LKBB Piala Dandim, Juara I Lari 100 Meter Tingkat Kabupaten, dan lain-lain.

“Selain prestasi, sekolah kami juga dilengkapi CCTV, Wi-fi, sarana dan prasarana yang terus berbenah, dan lain-lain. Terima kasih kepada pemerintah yang begitu baik,” jelas Patar.

Ketua Gerakan Pemuda Al-Washliyah Labura Haris Muda Siregar SE saat memotivasi para siswa menjelaskan bahwa peluang para siswa di Labura untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat sarjana cukup besar. Dikatakannya, berbagai beasiswa dikeluarkan Pemkab demi kemajuan pendidikan.

“Ada beasiswa MoU yang sangat membantu masyarakat. Adik-adik berpeluang mendapatkannya,” jelas mahasiswa PPs UMSU tersebut.