Home » Berita dan Kegiatan » Desa Sipare-pare Berhasil Wujudkan Pilar STBM

Desa Sipare-pare Berhasil Wujudkan Pilar STBM

Labura – Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah, SE dalam sambutannya menyampaikan Kesehatan sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum perlu diwujudkan dengan cita-cita Bangsa Indonesia, Oleh karena itu keberhasilan program pembangunan sangat dipengaruhi oleh tersedianya sumber daya manusia yang kesehatannya terjamin. Hal itu disampaikan di Halaman Kantor Desa Sipare-pare Tengah, Kecamatan Marbau, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Rabu (15/8).

Ia juga menyampaikan dalam rangka percepatan mewujudkan universal access 2019, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan beserta jajarannya melaksanakan program Sanitasi Berbasis Masyarakat (STBM) yang merupakan pendekatan dan paradigma baru pembangunan sanitasi di Indonesia.

“ Saya memberikan apresiasi yang sangat besar kepada masyarakat Desa Sipare-pare Tengah yang telah berhasil mewujudkan pilar satu STBM (Stop Buang Air Besar Sembarangan) di Desa Sipare-pare Tengah selain itu saya juga bangga melihat antusias warga sipare-pare ini, saya juga senang dengan lingkungannya karena bersih dan tertata rapi” ucap Kharuddin.

Kami juga selaku pemerintahan mengharapkan adanya upaya yang berkelanjutan dari masyarakat Desa Sipare-pare Tengah untuk peningkatan tangga sanitasi melalui peningkatan jamban dari Jamban Sehat Semi Permanen (JSSP) ke Jamban Sehat Permanen (JSP), dan yang belum memiliki jamban (menumpang jamban) menjadi JSSP atau JSP, maupun dalam upaya mewujudkan ke lima pilar STBM.

Selanjutnya, Bupati menandatangani MoU STBM dengan Desa Sipare-pare Tengah.