Home » Berita dan Kegiatan » Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian : Hindari Pengangguran dengan Peningkatan SDM

Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian : Hindari Pengangguran dengan Peningkatan SDM

Pada tahun 2016, jumlah penduduk Kab. Labuhanbatu Utara 408.592 orang terdiri atas penduduk usia kerja antara 15 tahun-65 tahun (lebih) berjumlah 295.376 orang. Adapun penduduk angkatan kerja usia 15 tahun-65 tahun yang menganggur berjumlah 13.533 orang. Tentu saja, jumlah pengangguran di Labura akan menurun jika sumber daya manusia ditingkatkan di Kabupaten Basimpul Kuat Babontuk Elok ini.

“Ada beberapa upaya untuk meminimalisir pengangguran, yaitu peningkatan SDM, pendidikan, dan lapangan kerja. Selain itu perlu menanamkan mental sebagai pengusaha dan bukan tenaga kerja,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Kab. Labuhanbatu Utara melalui Kabid Perlindungan dan Penyelesaian Hubungan Industrial, Abdul Hakim Lubis SPd, Jumat (20/1).

Ditambahkan Lubis, saat ini Upah Minimum Kabupaten (UMK) sebesar Rp 2.251.600. Berbeda dengan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota (UMSK) yang berlaku secara sektoral di wilayah kabupaten/kota merupakan hasil perundingan yang disepakati bersama oleh serikat pekerja/buruh dengan asosiasi perusahaan. (Hariansyah Labura)

Keterangan Gambar :

Kabid Perlindungan dan Penyelesaian Hubungan Industrial, Abdul Hakim Lubis SPd saat memberi keterangan tentang angka pengangguran di Labura, Jumat (20/1).