Home » Berita dan Kegiatan » Diskominfo Labura Gelar Sosialisasi Aplikasi E-Surat Dalam Penerapan E-Gov

Diskominfo Labura Gelar Sosialisasi Aplikasi E-Surat Dalam Penerapan E-Gov

Pemerintah kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Dinas Komunikasi Dan Informatika melaksanakan sosialisasi E-Government dengan tema “Pemerintahan yang Efektif dan Efisien dengan E-Surat” yang dilaksanakan di Aula Grand Hotel Aek Kanopan (20/9).

Acara ini dihadiri oleh Bapak Sukisman,S.Sos, M.Si mewakili Bapak Bupati Labuhanbatu Utara, Bapak Drs. Sugeng sekalu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Labuhanbatu Utara, Bapak Endra Budi, S.Kom selaku Kepala Bidang Teknologi Informasi (TI), beberapa staf Diskominfo dan peserta undangan yang berasal dari Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas, Badan, Kecamatan, dan Kelurahan seluruh Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Dasar pelaksanaan E-Government sendiri adalah instruksi presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan E-Government. Disebutkan bahwa pengembangan E-Government merupakan upaya untuk mengembangkan penyelenggaraan pemerintahan yang berbasis menggunakan Elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik secara efektif dan efisien.

Dalam sambutan Bapak Bupati H. Kharuddin Syah,SE melalui staf ahli bidang pembangunan Sukisman,S.Sos, M.Si menyampaikan kepada para peserta yang mengikuti sosialisasi agar mampu mengoperasikan aplikasi E-Surat ini dengan terampil dan tepat. Sehingga dapat diaplikasikan secara nyata dalam tugas ketatausahaan di semua SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Beliau juga menghimbau agar semua aparatur dapat sinergi dalam mengimplementasikan aplikasi yang akan memberikan kemudahan akses khususnya proses surat menyurat antar instansi di lingkungan pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara ini.

Selanjutnya Bupati juga menyampaikan bahwa sebuah sistem informasi tidak akan mampu berjalan sendiri tanpa ada dukungan serta campur tangan dari user yang memiliki keterampilan untuk mengoperasikannya. Keberhasilan penerapan E-Government di Kabupaten Labuhanbatu Utara tidak bisa sepenuhnya diserahkan kapada Dinas Komunikasi Dan Informatika, tapi sangat bergantung pada peran serta para pengambil kebijakan di seluruh SKPD di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Adapun pembicara pada acara ini adalah dari pihak Internal Kabupaten Labuhanbatu Utara yaitu Bapak Zulkifli, B. Comp. Sc. (Hons.) dan Adam Kurniawan Margolang, S.Kom yang kedua merupakan anggota dari Kepala Bidang Teknologi Informasi Bapak Endra Budi, S.Kom pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Utara. Aplikasi E-Surat ini sendiri bisa diakses lewat halaman website http://surat.labura.go.id.

[embedyt]https://www.youtube.com/watch?v=p0tb4si1q5g[/embedyt]

Sekilas Tentang Fitur Aplikasi E-Surat

Beberapa fitur yang ada dalam aplikais E-Surat Kabupaten Labuhanbatu Utara ini adalah:

  1. Surat Masuk. Merupakan halaman yang di dalamnya didaftarkan semua surat masuk dari SKPD lain.
  2. Surat Keluar. Merupakan halaman yang di dalamnya didaftarkan seluruh surat keluar untuk SKPD lain. Pada halaman ini juga terdapat fitur kirim surat untuk mengirimkan surat baru ke SKPD lain.
  3. Notifikasi SMS ke nomor ponsel ke admin SKPD jika ada surat masuk yang baru.
  4. Fitur ini akan memberitahukan SKPD pengirim surat SKPD mana saja yang belum atau sudah membaca surat. Dan jika sudah dibaca, akan diperlihatkan kapan SKPD penerima membaca surat tersebut.
  5. Diskusi, dimana fitur ini adalah sebuah halaman chatting yang di dalamnya tergabung seluruh SKPD baik yang sebagai pengirim atau penerima surat bisa saling melakukan tanya jawab, layanya sebuah grup Whatsaap.

Kedepannya aplikasi E-Surat ini akan dikembangkan agar lebih sempurna dengan fitur-fitur yang lebih lengkap.