Home » Berita dan Kegiatan » Diskominfo Labura Menggelar Rapat Penguatan PPID Utama dan PPID Pembantu

Diskominfo Labura Menggelar Rapat Penguatan PPID Utama dan PPID Pembantu

Labura – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar Rapat Penguatan PPID Utama dan PPID Pembantu, pada Selasa (6/11) di Hotel Grans Labura.

Pada acara rapat itu Bupati Labura H.Kharuddin Syah, SE yang diwakili oleh Kadis Kominfo Drs.Sugeng membuka rapat secara resmi.

Pada pidato tertulisnya Bupati Labura mengatakan, Pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) dalam peraturan Pemerintah no 61 tahun 2010 tentang pelaksanaan Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 keterbukaan informasi publik telah dijabarkan pada bab IV pasal 12 sampai dengan pasal 15.

Lanjutnya, pada pasal 14 peraturan Pemerintah nomor 61 tahun 2010 tersebut, PPID bertugas dan bertanggung jawab dalam : penyediaan, penyimpanan, pendokumentasian dan pengamanan informasi dan pelayanan informasi sesuai dengan aturan yang berlaku, kemudian pelayanan informasi publik yang cepat, tepat dan sederhana, penetepan prosedur operasional penyebarluasan infomasi publik, pengujian konsekuensi, pengklasifikasian informasi dan perubahannya, dan terakhir penetapan infomasi yang dikecualikan yang telah habis jangka waktu pengecualiannya sebagai informasi publik yang dapat diakses.

Selain itu, pada pasal 14 peraturan menteri dalam negeri nomor 3 tahun 2017 tentang pedoman pengelolaan PPID pada kementerian dalam negeri dan pemerintah daerah, PPID pembantu bertugas diantaranya, membantu PPID utama melaksanakan tanggung jawab tugas dan kewenangannya, menyampaikan informasi dan dokumentasi kepada PPID utama dilakukan paling sedikit 6 bulan sekali atau sesuai kebutuhan, melaksanakan kebijakan teknis informasi dan dokumentasi sesuai dengan tugas poko dan fungsinya.

Bupati berharap dengan mengikuti rapat penguatan PPID ini, diharapkan nantinya PPID utama dan seluruh PPID pembantu dapat melaksanakan tugas dan kewenangnya. Selain itu, PPID utama dan seluruh PPID pembantu juga dapat secara kontiniu menyusun daftar informasi publikl dan daftar informasi yang dikecualikan untuk selanjutnya daftar informasi publik yang telah disusun bisa diunggah pada website PPID dan website OPD masing-masing secara optimal.

Kemudian Ketua panitia pelaksana rapat penguatan PPID utama dan PPID pembantu Teddy Yulianto, SSTP, M.Si mengatakan dalam laporannya, tujuan rapat pengutan PPID ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya bagi PPID pembantu di lingkungan Pemerintag Daerah Kabupaten Labura, dan juga agar PPID utama dan PPID pembantu mengetahui tugas dan kewenangannya, serta untuk menambah wawasan dalam penerapan standar layanan informasi dan penggunaan website PPID di lingkungan Pemkab Labura.

Peserta yang mengikuti rapat terdiri dari Kabag Humas pada Setdakab, Kabag Persidangan pada Setwan, para Sekretaris pada OPD se Kabupten Labura dan Kasi Pelayanan Medik pada RSUD Aek Kanopan, serta Narasumber Bapak Iwan Sutani Siregar, SSTP, M.Si sebagai Kepala Seksi Layanan Informasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika  Provinsi Sumatera Utara.