Home » Berita dan Kegiatan » DPPPA Gelar Rakor Pokja PUG Tahun 2018

DPPPA Gelar Rakor Pokja PUG Tahun 2018

Labura – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggelar Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Pengarusutamaan Gender (PUG) Tahun 2018 yang dilaksanakan di Aula Grand Hotel Labura, Jumat (23/11).

Kegiatan sosialisasi PUG menghadirkan narasumber dari Universitas Sumatera Utara Ibu Hairani Siregar, S.Sos, M.Sp dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Bupati Labuhanbatu Utara, pada arahannya yang disampaikan melalui Asisten Pemerintahan Bapak Nurrahman, S.Sos mengatakan, ”Pengarusutamaan Gender merupakan strategi yang dibangun untuk menintegritas prespektif gender menjadi satu dimensi yang integral dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan dari program pembangunan”.

Kepada pokja PUG sesuai dengan bidang tugasnya, untuk mempromosikan, memfasilitasi Pengarusutamaan Gender di seluruh OPD, melaksanakan sosialisasi dan advokasi PUG serta merumuskan rekomendasi kebijakan kepada saya selaku kepala daerah.

“Oleh karena itu, agar semua OPD driver bersama-sama mendukung pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Labuhanbatu Utara ini” Ucapnya.

Dengan mendorong penyusunan Dokumen Gender Analysis Pathway dan Gender Budget Statement di setiap program dan kegiatan OPD, sehingga program dan kegiatan yang diusulkan dan dilaksanakan oleh OPD bermanfaat kepada semua pihak, baik terhadap laki-laki maupun perempuan termasuk lansia, disabilitas, dan kelompok rentan lainnya, serta masyarakat dapat merasakan manfaat dari kegiatan OPD yang berdampak kepada kesejahteraan masyarakat dengan mengatasi beberapa permasalahan kesenjangan dan ketidakadilan gender.

Setelah diadakannya Rapat Koordinasi yang dilakukan ini dapat mendorong percepatan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kabupatan Labuhanbatu Utara.