Home » Berita dan Kegiatan » Dwi Prantara Ajak API Wujudkan Kerukunan Beragama

Dwi Prantara Ajak API Wujudkan Kerukunan Beragama

Wakil Bupati Labuhanbatu Utara Drs. Dwi Prantara hadiri acara pelantikan Dewan Pimpinan Cabang API (Asosiasi Pendeta Indonesia) Kabupaten Labuhanbatu Utara. yang di laksanakan di Aula Fajar Dolpa Kota Batu, Selasa (13/2).

Acara dimulai dengan pengambilan sumpah yang dipimpin oleh Ketua DPD Asosiasi Pendeta Indonesia Provinsi Sumatera Utara Pendeta DR. Roma Sihombing, M.Th.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara saya mengucapkan selamat atas dilantiknya saudara-saudara, semoga amanah yang diberikan kepada saudara-saudara dapat diemban dengan sebaik-baiknya. Tugas tersebut adalah tugas yang sangat mulia”, Ucap Dwi Prantara usai dilantiknya DPC API.

Dwi Prantara menerangkan API merupakan media pelayanan bersama dalam mengemban misi sejarah, dan saling membantu dalam berkarya nyata membangun keagamaan dan berkontribusi bagi tegaknya eksistensi negara kesatuan Republik Indonesia, berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945.

Harapannya DPC API Kabupaten Labuhanbatu Utara agar menjalin kemitraan dengan Pemerintah melalui Kementrian Agama dan Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta dengan komponen masyarakat Lainnya seperti PDGI, FKUB, BAMAGNAS dan FKAG. Forum-forum ini telah bekerja sesuai programnya.

“Oleh sebab itu, saya berharap antara API dengan FKUB, BAMAGNAS, FKAG, DGI dan organisasi lainnya boleh bersikeras untuk mencapai tujuan bersama. Sudah tidak zaman lagi kita mau di pecah belah karena adanya perbedaan. Tapi marilah kita rajut kesamaan kebersamaan dalam mewujudkan kerukunan Inter maupun antar umat beragama”, Ucap Dwi.

Dwi Prantara menghimbau kepada pengurus DPC API yang baru dilantik, agar dalam waktu yang tidak terlalu lama menggelar rapat kerja untuk membuat program kerja dan kegiatan.

“kami menunggu aksi API untuk membangun umat beragama di Labuhanbatu Utara”, Ujar Dwi memberi semangat.

Ketua DPC API Labuhanbatu Utara Binsar P. Simanjuntak S.Th menyampaikan hadirnya Asosiasi Pendeta Indonesia di Kabupaten Labuhanbatu Utara ini memiliki misi yang baik yaitu terjalinnya hubungan baik dan relasi di kalangan para pendeta dalam hal-hal yang tidak prinsipil dan doktrinisasi/dogmatis yang tidak bertentangan dengan kebenaran yaitu Alkitab.

“API Labuhanbatu Utara akan mencoba beritikad baik untuk hal tersebut di daerah yang kita cintai ini Kabupaten Labuhanbatu Utara. Perjuangan dan tugas kami yang paling utama dan penting adalah untuk itu”, Ucap Binsar yang mengenakan setelan jas hitam putih.

Binsar juga mengajak supaya para pengurus yang sudah dilantik agar menjalin komunikasi, hubungan relasi baik ke dalam maupun ke luar API ini. Sikap kita harus merangkul, kita hentikan sikap eksklusif dan menang sendiri.

Dwi Prantara berharap terhadap API, serta para pendeta Kristen di seluruh Labuhanbatu Utara, agar berkoordinasi dan komunikasi dengan pimpinan umat beragama lain pada tatanan Kabupaten Labuhanbatu Utara demi terwujudnya kerukunan umat beragama.

Acara yang dihadiri oleh  Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sukisman S.sos M.Si, Anggota DPRD, Kepala Badan Kesbangpol dan Perlindungan Masyarakat Endar Sakti, S.Ag, MM, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat di akhiri dengan pemberian Plakat dari DPC API Labura sebagai bentuk penghormatan dan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara.