Home » Berita dan Kegiatan » Gelar Workshop Penyusunan RUP Barang/Jasa – Sekda Labura: Terapkan Pengadaan Terbuka dan Transparasi

Gelar Workshop Penyusunan RUP Barang/Jasa – Sekda Labura: Terapkan Pengadaan Terbuka dan Transparasi

Sekretaris Labuhanbatu Utara Drs. Ahmad Fuad Lubis M.Si Sampaikan kita harus menerapkan prinsip-prinsip pengadaan antara lain terbuka dan transparan.

“Dengan peningkatan pelayanan pemerintahan khususnya di bidang pengadaan barang/jasa untuk mendukung pemerintahan yang baik kita harus menerapkan prinsip-prinsip pengadaan antara lain terbuka dan transparan” kata Ahmad Fuad di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Aek Kanopan Labuhanbatu Utara, Rabu (27/11).

Terbuka artinya dapat diikuti oleh semua yang memenuhi syarat, transparan artinya dapat dilihat atau dipantau oleh publik.

Lanjutnya Transparasi dibidang pengadaan barang jasa dimulai dengan menayangkan rencana umum pengadaan yang dapat dilihat oleh publik, selanjutnya proses pemilihan penyedia barang/jasa atau proses lelang juga dilakukan secara elektronik melalui sistem pengadaan secara elektronik (SPSE) sehingga dapat dipantau oleh publik, sampai dengan pelaksanaan pengadaan barang/jasanya juga dapat dipantau oleh publik melalui sistem informasi pengadaan barang/jasa (SIMBAJA LABURA).

Sesuai dengan undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, bahwa setiap Badan Publik (termasuk SKPD) wajib menyediakan informasi publik termasuk di dalamnya kegiatan pengadaan barang/jasa.

Diakhir sambutannya Ahmad Fuad menyampaikan “saya sangat berharap RUP seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Labuhanbatu Utara sudah dapat ditayangkan khususnya pada portal pengadaan Nasional paling lambat tanggal 29 Desember 2017”.

Workshop penyusunan Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa dilaksanakan selama 3 hari sampai dengan 29 Desember. Dengan menghadirkan Narasumber Direktur Perencanaan Monitoring dan Evaluasi Pengadaan LKPP RI, Ir. Sutan Suangkupon Lubis, M.Sc.

Ditempat yang sama Kabag Pengadaan Barang/Jasa Mulyono ST, M.Si menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya aparatur di bidang pengadaan barang/jasa pemerintah khususnya dalam menyusun Rencana Umum Pengadaan (RUP) sekaligus workshop untuk up-load ke dalam Sistem Informasi RUP (SiRUP) versi 2.0