Home » Berita dan Kegiatan » Gotong Royong Bangun Masjid, Wujud ‘Basimpul Kuat’ di Aekkanopan

Gotong Royong Bangun Masjid, Wujud ‘Basimpul Kuat’ di Aekkanopan

Gotong royong merupakan budaya sosial masyarakat Indonesia di berbagai tempat yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi sebagai wujud kekompakan. Zaman modern seharusnya tidak melunturkan nilai-nilai tradisi yang sarat dengan kearifan lokal tersebut. Sebaliknya, seluruh masyarakat semestinya menjaga dan melestarikannya.

Hari itu, Minggu (10/9) lebih dari 100 orang warga Lingkungan Pulo Tarutung I, II, dan III Kelurahan Aekkanopan Kec. Kualuh Hulu Kab. Labura, secara kompak bersama-sama membangun Masjid Al-Amin di kawasan tersebut. Selain untuk mempercepat penyelesaian pembangunan, kebersamaan dalam membangun masjid sebagai wujud ‘Basimpul Kuat’ di bumi Labura.

“Ini adalah hari Minggu ketiga kita bergotong royong. Lebih dari 100 warga hadir. Sebelumnya sudah diinformasikan di masing-masing perwiridan. Pembangunan masjid ini merupakan swadaya masyarakat,” kata Hafrizal Pohan, ketua panitia pembangunan Masjid Al-Amin didampingi Mulyono ST, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Kab. Labura yang juga warga sekitar.

Dikatakan Hafrizal, Indonesia dikenal di dunia sebagai bangsa yang sangat ramah dan suka bergotong royong, namun belakangan ini budaya tersebut semakin terlihat berkurang. Di tengah berbagai potensi perpecahan, lanjut Hafrizal, sudah semestinya semua elemen masyarakat kompak, terlebih Labura dikenal dengan semboyan Basimpul Kuat Babontuk Elok.

Sementara itu, Camat Kualuh Hulu Jhon Ferry SSTP berharap pembangunan masjid tersebut cepat rampung agar dapat digunakan. Jhon mengapresiasi kebersamaan dan kekompakan masyarakat di kawasan Kualuh Hulu itu.

Gotong royong tersebut dihadiri oleh Camat Kualuh Hulu, Kabag Pengadaan Barang dan Jasa Kab. Labura yang merupakan penasehat panitia pembangunan, IPTU Muzakkir Kanit Binmas Polsek Kualuh Hulu yang juga warga setempat.