Home » Berita dan Kegiatan » Gubsu Buka Jambore TTG XVI Di Kabupaten Labuhanbatu Utara

Gubsu Buka Jambore TTG XVI Di Kabupaten Labuhanbatu Utara

Jambore Teknologi Tepat Guna (TTG) XVI tingkat propinsi Sumatera Utara (Sumatera Utara) Tahun 2016 di laksanakan di lapangan bola kaki Aek Kota Batu Kecamatan Na IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara yang di buka oleh Gubernur Sumatera Utara Ir. H. T. Erry Nuradi, M.Si ditandai dengan pelepasan Balon pada hari Selasa tanggal 30 Agustus 2016.

Pelaksanaan TTG selama 4 hari mulai 30 Agustus 2016 hingga berakhir 2 September 2016 ini Sebagai tuan rumah Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah SE, mengatakan “Dengan memanfaatkan Teknologi Tepat Guna (TTG) sesuai kearifan lokal, kita wujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat”. Daerah Labuhanbatu Utara menempati area seluas 3.545,80 Ha terdiri dari 8 kecamatan dan 8 kelurahan serta 82 desa , dengan jumlah penduduk 347.645 jiwa, kesiapan Panitia TTG sejak beberapa hari lalu telah mempersiapkan diri, dalam rangka penyebarluasan pendayagunaan teknologi tepat guna (TTG) sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas dan produksi usaha masyarakat.

“Melalui Jambore TTG tingkat provinsi Sumatera Utara ini diharapkan dapat menyebarluaskan, memperkenalkan, dan sekaligus memperagakan berbagai jenis TTG dan ekonomi produktif dengan mekanisme kerja serta output yang di hasilkan kepada masyarakat yang akan memberikan manfaat yang sebesar-besar nya.” Ujar Bupati.

Pada event ini Pemkab Labuhanbatu Utara juga memamerkan peralatan TTG, hasil produksi kreatifitas dan inovasi masyarakat Labuhanbatu Utara seperti hal nya peralatan TTG dari kabupaten lain sehingga dapat meningkatkan akses teknologi TTG dan wahana tukar menukar informasi antara seluruh kabupaten serta mengkomunikasikan penerapan TTG kepada masyarakat dalam mengisi pembangunan.

Bupati Labuhanbatu Utara menyampaikan Aspirasi masyarakat, diantara nya dalam mendukung Nawacita Bapak Jokowi -JK untuk rakyat indonesia ke 3 membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam rangka negara kesatuan serta visi dan misi provinsi Sumatera Utara menjadi provinsi yang berdaya saing menuju Sumatera Utara sejahtera.

Untuk menunjang kegiatan ekononmi melalui kerja sama antar daerah swasta, regional dan internasional. Pembangunan RSUD Labuhanbatu Utara secara bertahap telah di mulai ,beroperasi nya Rumah sakit ini, berharap nanti nya masyarakat tidak jauh-jauh berobat dan dapat menghemat biaya.

Sebelumnya Ketua DPRD Labuhanbatu Utara Drs H Ali Tambunan menuturkan ,sungguh suatu kehormatan dan kebahagian karena Labuhanbatu Utara baru berumur 8 tahun sudah menjadi tuan rumah Jambore TTG ke 16 tahun 2016 , mengingat teknologi dengan negara-negar lain merupakan saingan tepat guna , baik di sektor pertanian perkebunan perikanan dan peternakan , di sektor kelapa sawit dan lainnya tentu sektor ini adalah sektor TTG , melalui jambore TTG ini DPRD Labuhanbatu Utara menyambut baik TTG ini dan dapat mendorong masyarakat dan pelajar TTG ini kepada kemajuan teknologi yang lebih canggih , dan memberikan kontribusi terhadap pertanian, perikanan dan peternakan kata Ali.

Disamping itu pada acara puncak pembukaan Jambore TTG ke 16 di kabupaten Labuhanbatu Utara ini , Gubernur Sumatera Utara Ir.H.T. Erry Nuradi, M.Si , mengucapkan terima kasih kepada pemkab Labuhanbatu Utara dan semua pihak pada acara Jambore TTG , memanfaat kan TTG kepada masyarakat , semua potensi oleh karena itu kita gunakan mendaya gunakan pedesaan utk menwujud kemajuan dan kemandirian, kesejahteraan masyarakat, di era globalisasi , peranan masyarakat menjadi modal oleh karena itu pengguanaan Teknologi Tepat Guna bagi masyarakat menjadi salah satu tugas kita ,kalau kita tidak memanfaat kan teknologi ini akan ketinggalan apa lagi teknologi tepat guna yang serba canggih.

Dengan teknologi ini kita megetahui banyak ilmu , dengan TTG ini kita dapat mensejahterakan masyarakat dan memanfaatkan teknologi dengan bertukar informasi dengan daerah lain, oleh karena itu mari kita tingkat kan SDM kita melalui teknologi yang ada . Sehingga masyarakat merasakan manfaat sesuai dengan potensi masing-masing , maka kembang TTG sesuai dengan spesifik masyarakat kita jangan berpuas diri dengan apa yang kita capai , dengan TTG kita dapat mengembangkan usaha masyarakat.

Jambore TTG ini sebagai sarana pemasaran usaha dan meningkat kesejahteraan masyarakat untuk saling belajar kepada daerah yang lain , berharap TTG ini bukan serimoni saja melain kan bermanfaat bagi diri kita sendiri dan masyarakat semua pihak. Kata Gubsu.

Semula kedatangan Gubernur Sumatera Utara Ir.H.T. Erry Nuradi, M.Is disambut Bupati Labuhanbatu Utara H Kharuddin Syah SE dan Wakil Bupati Labuhanbatu Utara Drs Dwi Prantara Kapolres Labuhanbatu Raya AKBP Teguh Yuswardhie SIK, dan Forum Pimpinan Koordinasi Daerah   (FPKD)   Uspika serta Forum Pimpinan Koordinasi Daerah (FKPD), Bupati Labuhanbatu dan Sekdakab Langkat.

Pada acara Jambore ke 16 itu dilangsungkan penyerahan Tropy bergulir Jambore TTG , Pemkab langkat menyerahkan Tropy bergulir kepada   Gubernur Sumatera Utara Ir.H.T. Erry Nuradi, M.Si oleh Gubsu menyerahkan kepada Bupati Labuhanbatu Utara H Kahruddi Syah SE.