Home » Berita dan Kegiatan » Haris Minta Program Inovasi Desa Harus Diubah Menjadi Lebih Baik dan Efektif

Haris Minta Program Inovasi Desa Harus Diubah Menjadi Lebih Baik dan Efektif

Labura – Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun 2018 secara resmi dibuka oleh Bupati Labuhanbatu Utara yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Labura Drs. Abdul Haris Rangkuti, M.Ap pada Rabu (24/10/2018).

Acara yang bertempat di Gedung Ahmad Dewi Syukur itu turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara serta Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa se-Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Dalam sambutannya Haris mengatakan Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan forum penyebaran dan pertukaran inisiatif masyarakat yang berkembang dari desa ke desa, sebagaimana kita pahami bersama pembangunan di desa hanya terfokus kepada infrastruktur.

Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan – kegiatan pemberdayaan masyarakat desa sangat minim atau kurang diminati bahkan kurang adanya tekanan dari masyarakat sehingga dana – dana yang ada di APBD Desa tidak mengcover kegiatan pemberdayaan desa tersebut karena masyarakat desa yang berpikiran kritis kurang ditanggapi untuk itulah kenapa program inovasi desa harus diubah menjadi lebih baik dan lebih efektif.

“ Saya berharap Kepala Desa dapat membangun kerjasama dengan pihak Kabupaten atau Pemerintah atasan sehingga setiap desa memiliki inovasi dalam meningkatkan perekonomian desanya masing-masing” ucap Haris.

H. Sofyan Yusma, M.Si selaku Kepala Dinas PMD juga menambahkan adapun besaran dana desa kabupaten Labuhanbatu Utara yang terhitung sejak Tahun Anggaran 2015 sebesar Rp 23.982.021.000, Tahun Anggaran 2016 sebesar Rp. 53.813.253.000, Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp. 68.646.939.400, dan pada Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp. 67.742.000.000.

“Untuk Tahun Anggaran 2018 penyaluran dana dari RKUN ke RKUD masih sampai tahap I dan tahap II selanjutnya untuk tahap III belum disalurkan karena saat ini sedang dalam proses” tambah Sofyan.