Home » Berita dan Kegiatan » KIM Diharapkan Sebagai Ujung Tombak Hadapi Berita Hoax

KIM Diharapkan Sebagai Ujung Tombak Hadapi Berita Hoax

KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) Diharapkan Sebagai Ujung Tombak menghadapi Berita Hoax. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Mhd. Fitriyus, SH. MSP. saat Laksanakan Lomba Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Sumatera Utara Tahun 2018.

“Berita informasi dari sosial media tidak bisa dipertanggungjawabkan. Tidak seperti berita surat kabar yang jelas ada penanggungjawabnya. Oleh karena itu sumber Informasi utama yang selama ini diterima oleh kelompok-kelompok ini kita harapkan Sebagai Ujung Tombak menghadapi Berita Hoax.” Ucapnya di Hotel Santika Dyandra Jln. Kapten Maulana Lubis No.7 Medan. Jum’at, (26/10/2018).

Kelompok informasi perlu memanfaatkan teknologi dan informasi, baik itu untuk menyebarluaskan kebijakan pemerintah, untuk kepentingan kelompok itu sendiri, untuk bisa bergerak, untuk bisa berusaha, untuk bisa berperan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Lanjutnya Fitriyus menekankan kepada Kadis-kadis yang turut berhadir untuk menyampaikan kepada Bupati masing-masing daerahnya agar Kelompok Informasi Publik Masyarakat agar dibina.

“Tolong pak, saya minta tolong kepada bapak Kadis. Tolong sampaikan pada bapak bupati, agar Kelompok Informasi Masyarakat ini di Bina” ungkapnya.

Di kesempatan lain Kabid Pengelolaan Informasi Publik Kominfo Sumut Hj. Gadis Melani Rusli SH, mengatakan Maksud dan tujuan di gelarnya Lomba KIM ini adalah untuk membina dan memberdayakan kelompok informasi Sumatera Utara.

“Maksud dan tujuan di gelarnya Lomba KIM ini adalah untuk membina dan memberdayakan kelompok informasi Sumatera Utara, sehingga kelompok informasi masyarakat KIP yang ada saat ini dapat menjadi pelajaran untuk kecerdasan masyarakat dan menyelaraskan program pemerintahan dalam melaksanakan pembangunan.” tuturnya.

Selanjutnya dilakukan pemukulan gong oleh Kadis Kominfo Sumut yang didampingi oleh Kabid Kominfo Publik Diskominfo Jatim. yang diteruskan dengan aksi masing-masing para peserta Lomba KIM dalam menyampaikan akan sadar teknologi informasi dan cerdas bermedia sosial.

Lomba yang mengusung Thema “Kelompok Informasi Masyarakat sadar Teknologi Informasi Dan Cerdas Bermedia Sosial” di ikuti oleh 14 peserta Kabupaten Kota yang ada di Sumatera Utara. Juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Labura yang diwakili oleh Kabid KIP Labura Eko Suhendro, ST.