Home » Berita dan Kegiatan » KPPBC : Jangan Jual Rokok yang Tidak Berpita

KPPBC : Jangan Jual Rokok yang Tidak Berpita

Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-42/BC/2016 tentang Bentuk Fisik dan/atau Spesifikasi Desain Pita Cukai Hasil Tembakau dan Pita Cukai Minuman yang Mengandung Etil Alkohol Tahun 2017, Pemkab Labura melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM menggelar sosialisasi desain pita cukai tembakau tahun 2017 Di Grans Hotel Aek kanopan, Selasa (16/5) yang dihadiri dinas terkait dan puluhan pedagang. Selain sebagai bukti pelunasan cukai, pita cukai merupakan dokumen sekuriti negara yang berfungsi sebagai alat pengawasan.

“Juallah rokok yang mempunyai pita resmi hologram dengan tahun anggaran 2017. Jangan menerima atau menjual rokok atau hasil tembakau yang tidak berpita,” jelas Frans Boin SE, Pelaksana Pemeriksa Direksi Penyuluhan Layanan Informasi pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Teluk Nibung Tanjung Balai-Asahan, saat menjadi pembicara pada acara tersebut.

Dijelaskan Frans, cukai terdiri atas alkohol, minuman, dan tembakau. Rokok yang merupakan bagian dari tembakau agar dikembalikan pedagang kepada distributor jika di bawah tahun 2017.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Ir. Mangatur Butar-Butar MM saat menutup acara tersebut menghimbau agar pedagang dan konsumen mematuhi peraturan yang berlaku.

Dalam sosialisasi menerangkan tentang cara mengidentifikasi pita cukai  asli maupun palsu dengan kasat mata, dengan kaca pembesar, maupun dengan lampu UV (Ultra Violet). (Char)

Keterangan Gambar :
Materi sosialisasi desain pita cukai yang disampaikan oleh Pelaksana Pemeriksa Direksi Penyuluhan Layanan Informasi KPPBC