Home » Berita dan Kegiatan » Kunjungi Labura, Hasbi Sen Asal Turki: Ada Kemiripan Budaya Indonesia dan Turki

Kunjungi Labura, Hasbi Sen Asal Turki: Ada Kemiripan Budaya Indonesia dan Turki

Indonesia pernah menjadi “guru” bagi negara tetangga. Pada dekade 1960-an hingga 1970-an, banyak pelajar-pelajar dari Malaysia yang belajar di Indonesia. Namun setelah era itu malah sebaliknya, warga Indonesia banyak yang belajar di Malaysia.

Hal tersebut bukan berarti menghilangkan minat masyarakat internasional untuk belajar di Indonesia. Sebagai contoh, Hasbi Sen, 40, warga negara Turki tetap antusias meneruskan S2 di Indonesia. Setelah menyelesaikan S1 bidang Ekonomi di Erciyes University di Kayseri, Turki, lelaki yang menikah dengan warga Palembang ini melanjutkan pendidikan pada Program Pascasarjana UIN Raden Fatah Palembang pada Prodi Sejarah Peradaban Islam tahun 2002.

“Saya ke Indonesia berawal dari kedatangan Prof M Sirozi PhD pada Maret 2002 yang saat ini menjabat sebagai rektor di kampus tersebut. Beliau hadir dalam acara simposium internasional tentang Badi’uz Zaman Said Nursi yang digelar selama dua hari. Kampus tersebut bekerja sama dengan Turki terkait pemikiran Said Nursi, dan saya meraih beasiswa dari Yayasan Istanbul,” kata Hasbi Sen yang sudah fasih berbahasa Indonesia kepada awak media, Minggu (19/6) di teras rumah Dinas Bupati Labura sebelum berceramah saat buka puasa bersama masyarakat Labura.

Dua bulan setelah simposium, Hasbi berangkat ke Palembang, Indonesia. Awalnya, kata Hasbi, dirinya sama sekali tidak memahami bahasa Indonesia. Dibutuhkan waktu 3 bulan untuk kursus bahasa Indonesia di awal masuk kuliah.

“Sebagai mahasiswa jurusan Peradaban Islam, saya akan mensosialisasikan pemikiran Said Nursi yang merupakan ulama besar asal Turki yang menulis Tafsir tematik berjudul Risalah Nur sebanyak 12 jilid. Tulisannya banyak membahas tentang hikmah dan membahas ibadah secara rasional dan tamtsil (perumpamaan), seperti shalat merupakan kebutuhan layaknya makan dan minum yang merupakan kebutuhan,” terang Hasbi.

Hasbi juga bercerita tentang kesamaan budaya Indonesia dan Turki. Di antaranya seperti remaja yang berkeliling dan menabuh bedug membangunkan sahur. Hanya saja di Turki diringi dengan pantun.

Keterangan Gambar :
Hasbi Sen saat berbincang di teras rumah Dinas Bupati Labura, Minggu (19/6)
Hasbi Sen saat berceramah saat buka puasa bersama masyarakat Labura. Minggu (19/6)