Home » Berita dan Kegiatan » Labura Peringati HCTPS Ke-10

Labura Peringati HCTPS Ke-10

Labura – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Dinas Kesehatan memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Ke-10, di Halaman Sekolah SD Pinang Lombang Kecamatan Na. IX-X.

Hari Cucu Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak Pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat, sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan sudah melaksanakan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), dengan pendekatan perubahan perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat. Dengan menyediakan sarana air bersih melalui program PAMSIMAS di 10 desa pada tahun 2017.

Dalam pidato tertulisnya Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah, SE, yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Drs.Abdul Haris Rangkuti, M.Ap, mengajak semua elemen masyarakat guna mensukseskan dan berpartisipasi secara aktif dalam program tersebut, sehingga tujuan mengurangi kejadian penyakit diare dan penyakit penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku dapat kita atasi secara bersama-sama, yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, dan masyarakat secara keseluruhan. Semoga kegiatan ini dapat menjadi contoh yang baik untuk Sekolah-sekolah lainnya, karena dengan mencuci tangan pakai sabun merupakan langkah awal menghindari diri dari berbagai penyakit serta diharapkan pula akan memperbaiki praktik-praktik kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya. (RH)