Home » Berita dan Kegiatan » Labura Peringati HCTPS Sedunia ke XI

Labura Peringati HCTPS Sedunia ke XI

Labura – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui dinas kesehatan Kabupaten Labura menggelar peringatan hari cuci tangan pakai sabun (HCTPS) sedunia ke XI dihalaman SDN 116894 Kuala Beringin Desa Londut, Kecamatan Kualuh Hulu, Selasa (30/10).

Sebelum acara, dilaksanakan demo cara cuci tangan pakai sabun oleh murid SDN 116894 Kuala Beringin yang tergabung dalam dokter kecil dan anggota Puskesmas Londut.

Bupati Labura H.Kharuddin Syah,SE melalui Staf ahli pembangunan Sukisman,S.Sos menyampaikan bahwa pentingnya cuci tangan pakai sabun di peringati, sebagai bentuk menyerukan perlunya peningkatan kualitas kesehatan dengan praktek higiene dan sanitasi di seluruh dunia.

“Semua ini guna mengingatkan kita akan pentingnya masyarakat, terutama anak-anak yang merupakan generasi masa depan untuk menerapkan prilaku hidup sehat sejak kecil, apalagi cuci tangan pakai sabun ini merupakan suatu perilaku hidup sehat yang dapat dilakukan dengan cara sederhana dan tanpa biaya mahal serta telah terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyebaran berbagai penyakit”, Ujarnya.

Senada juga dikatakan Ketua DPRD Labura Drs. Ali Tambunan, bahwa cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu cara yang paling mudah, murah dan efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit.

“Peringatan HCTPS ini penting kita laksanakan, untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun kepada masyarakat, sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian akibat penyakit tertentu, serta pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia. disamping itu, peringatan HCTPS ini juga dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan pembangunan fasilitas sanitasi di sekolah,” terang Ketua DPRD.

Peringatan HCTPS dirangaki dengan pengecapan tangan yang telah diberi cat dan dilanjutkan cuci tangan oleh staf ahli Sukisman dan Ketua DPRD Ali Tambunan, Kapolsek Kualuh Hulu, ketua IDI dan para undangan.

Hadir pada acara tersebut, jajaran OPD, Sekcam Kualuh Hulu Sofyan, Kepala Desa Se Kecamatan Kualuh Hulu, TP PKK, dan para kepala dusun Kecamatan Kualuh Hulu.