Home » Berita dan Kegiatan » Labura Raih Peringkat I se-Sumatera Utara

Labura Raih Peringkat I se-Sumatera Utara

Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan RI Wilayah Sumatera Utara Dra. V.M.Ambar Wahyuni, M.M Ak.C.A mengatakan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) memiliki peran penting sebagai indikator untuk mengukur kinerja keuangan entitas pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan pada acara penyerahan penghargaan Laporan Hasil Pemantaun Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan Tahun 2017 di Aula Kantor BPK Provinsi Sumut di Jalan Imam Bonjol Medan, Kamis (13/072017).

Hadir pada acara tersebut Kepala Perwakilan BPK Sumut V. M.Ambar Wahyuni, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara diwakili oleh Sekda Drs. H. Ahmad Fuad, M.Si, Sekda Kabupaten Samosir dan Sekda Kota Tebing Tinggi serta para Kepala Inspektorat penerima penghargaan.

Dalam kesempatan itu Kepala BPK RI Ambar Wahyuni menjelaskan pernyataan bahwa laporan keuangan Pemerintah daerah telah disusun berdasarkan Sistem pengendalian intern yang memadai dengan tidak adanya kesalahan yang material. Pengendalian intern berfungsi sebagai lini depan untuk mendeteksi terjadinya kesalahan, kecurangan, penyimpangan dan ketidak patuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Sementara Kepala Perwakilan BPK RI Provsu Vincentia Moli Ambar Wahyuni memberikan penghargaan tertinggi pertama Kepada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara atas Hasil Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan. Yang terdiri dari Kabupaten Samosir peringkat II disusul Kota Tebing Tinggi peringkat III.

Kendati demikian BPK Provsu memberi apresiasi kepada Pemkab Labuhanbatu Utara yang penyelesaian tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan BPK memperoleh peringkat ke I se Wilayah Provinsi Sumatera Utara, lebih terus meningkatkan perhatian hasil temuan BPK RI,” ungkapnya.

“Kami mengapresiasi segala usaha yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah, karena dapat memberikan manfaat bagi seluruh pihak dalam memperbaiki pengelolaan dan pertanggungjawaban laporan keuangan,” pungkasnya. Kami bersyukur raih yang dicapai semoga dapat dipertahankan atas pencapain ini uangkap Kepala Inspektorat Kabupaten Labura diwakili Sekretaris Drs. Armada. (Diskominfo Labura)