Home » Berita dan Kegiatan » Mesjid Raya Al- aman Gelar Sholat Gerhana Bulan Berjamaah

Mesjid Raya Al- aman Gelar Sholat Gerhana Bulan Berjamaah

Ratusan Ummat Muslim melaksanakan Sholat Gerhana Bulan (Khusuf) yang dilaksanakan di Mesjid Raya Al-Aman Aek Kanopan (31/1) Sholat Gerhana Bulan di laksanakan sebagai ungkapan rasa sukur atas kebesaran dan keagungan Allah Swt.

selesai melaksanakan Sholat Isa HM Ifdarsyam Ritonga Lc MHI menerangkan kepada jamaah tentang tata cara Sholat Khusuf,”adapun pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan Sholat seperti biasanya, hanya saja setiap satu rakaat terdapat dua rukuk”,ucap nya pada saat diatas mimbar.
Sholat yang dilaksanakan dalam dua rakaat itu terlaksana dengan khusuk. selanjut nya selesai dari Sholat Gerhana Bulan di lanjutkan dengan pembacaan Khotib oleh Ketua MUI Labura H.Aminurrasyid Aruan.

Dalam Khatib nya Aminurrasyid mengajak kepada seluruh jamaah Sholat Khusuf bersukur kepada Allah Swt atas peristiwa tau penomena yang terjadi pada malam ini, sebab menurut dari informasi yang terjadi Gerhana bulan ini terjadi pada saat 152 Tahun yang lalu, dan pada malam ini terjadi kembali Gerhana Bulan, mungkin ini lah nikmat yang di berikan Allah Swt.

Dia juga mengatakan banyak banyak lah bersedekah pada malam itu, pada waktu saat terjadi Gerhana Bulan,ada dua hal yang harus selalu kita jaga dalam kehidupan kita yang pertama menjaga 2 diantara bibir mu, artinya adalah kita harus bisa menjaga ucapan-ucapan kita, dan yang ke dua adalah menjaga dua diantara pahamu, artinya adalah kita harus bisa menjaga sahwat kita apabila dua hal ini dapat kita jaga mudah-mudahan kita dapat tergolong hamba Allah Swt yang mulia dan kita dapat masuk ke surga nya Allah Swt .

Gerhana Bulan dalam bahasa Arab disebut juga “Khusuf”. Dalam Islam saat terjadi fenomena gerhana bulan kita dianjurkan untuk mengerjakan Sholat sunah dua rakaat atau disebut juga Sholat sunah Khusuf.

Adapun yang bertindak sebagai Imam dalam Sholat Khusuf HM Ifdarsyam Ritonga Lc MHI, dan bertindak sebagai Khotib Ketua MUI Labura Drs H Aminurrasyid Aruan.