Home » Berita dan Kegiatan » MTQ VIII dan FN IX Tingkat Kabupaten Labura Ditutup, 4 Juara Peroleh Dana Umroh

MTQ VIII dan FN IX Tingkat Kabupaten Labura Ditutup, 4 Juara Peroleh Dana Umroh

Labura – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke VIII dan Festival Nasyid (FN) ke IX tingkat kabupaten telah berlansung sejak 4 hari  akhirnya Resmi di tutup oleh  Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H.Kharuddin Syah,SE, Sabtu 29/4/2017 sekitar pukul 21.20 WIB.

Kegiatan MTQ VIII dan FN ke IX yang di pusatkan di kecamatan Kualuh Hilir tepat nya di Lapangan bola kaki kelurahan Kampung Mesjid ini di padati ribuan masyarakat Labura khusus nya kecamatan Kualuh Hilir dan Leidong, selain di hadiri Uspika, Bupati Labura, Wakil Bupati, Ketua DPRD juga dihadiri Pimpinan SKPD dan Camat se-Labura serta para kepala desa.

“Pelaksanaan MTQ ini merupakan wahana evaluasi perkembangan dan keberhasilan Qori dan Qoriah, penutupan MTQ ini bukan akhir kegiatan namun menjadi awal rencana pembinaan dan pengembangan Tilawatil Qur’an yang merupakan persiapan menghadapi MTQ Nasional ke 36 tingkat propinsi sumut tahun 2017 ini, kata Bupati Labura H Kharuddin Syah SE .

Masih kata Bupati, kepada Qori dan Qoriah peserta musabaqah dan festival Nasyid yang berhasil meraih prestasi terbaik dan menjadi juara utama di ucapkan “Selamat” dan persiapkan diri untuk mengikuti MTQ Nasional tingkat Provinsi dan lebih giat belajar dan berlatih, meningkatkan segala potensi yang dimiliki, supaya bisa meraih juara ke tingkat selanjut nya, sedangkan kepada peserta yg belum berhasil meraih juara/ prestasi jangan berkecil hati dan jangan pula berputus asa, belajar dan berlatih lah dengan giat dan tekun, karena masih ada lagi di tahun yang akan datang MTQ dan FN, untuk tahun 2018 akan di pusatkan di kecamatan Marbau.

Demikian juga hal nya dengan group festival nasyid, mampu mempengaruhi dan menjadikan hobi para pemuda dan remaja dengan syair religius nya yang akan membentuk karakter pemuda remaja sebagai sosok yang islami agar para pemuda mampu menjauh kan diri dari perbuatan tercela seperti judi, mabuk, narkoba dan pergaulan bebas, dengan dihindari sifat tercela Itu maka pemuda, remaja dapat menjadi penerus bangsa dan agama yang baik.

Dijelaskan juga oleg Bupati Labura H Kharuddin Syah SE ini, bagi juara sebanyak 4 sang juara dari 4 kategori akan di berikan biaya Umroh yang di danai dari APBD seperti tahun sebelum nya juga ada yang di biaya umroh namun tahun-tahun yang lalu biaya nya dari sumbangan para SKPD kata Haji Buyung.

Sebelumnya, Acara penutupan di mulai dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an, Laporan ketua panitia yang juga camat Kualuh Hilir Abdul Fattah siregar Ssos menyampaikan, sebanyak 460 peserta, terbagi dalam 10 cabang Musabagah dan jumlah festival Nasyid 16 group yakni 8 putra dan 8 putri yang berasal dari 8 kecamatan di Labura ini,keseluruhan peserta itu selama mengikuti kegiatan MTQ dan FSN ini kondisi kesehatan secara umum dalam kondisi baik dan penuh kesungguhan dan semangat juang yang tinggi .

Sementara itu Ketua DPRD Labura Drs H Ali Tambunan, menyampaikan bahwa MTQ VIII dan FN ke IX ini suasana nya Hidup dan bergairah seperti di wilayah pesantren atau bagaikan  suasana kota santri yang selalu Sibuk mengaji dan menelaah isi kandungan al-qur’an, dengan harapan suasana seperti ini tidak berakhir.

Dalam kegiatan MTQ dan FN ini dari 460 peserta  4 orang /Qori dan Qoriah yang merupakan juara memiliki prestasi tinggi dari 4 kategori mendapat biaya dana perjalanan Umroh ke tanah suci mekah yaitu Marwan Pangaribuan sebagai Juara 1 tilawah dewasa putra, Hermawati juara 1 tilamah dewasa putri dan Mardiah Pohan juara 1 qiroah sab’ah Putri, serta Muhibbut Tibri merupakan juara tahfiz 30 juz putra.

Sementara itu juara umum MTQ VIII tingkat kabupaten Labura tahun 2017 di raih kecamatan Kualuh Leidong menyusul Aek Kuo dan Kualuh Hilir, sedangkan juara umum Festival Nasyid ke IX ini di raih Group Nasyid utusan kecamatan Marbau menyusul kecamatan Kualuh Hilir dan Kualuh Hulu.

Sebelum nya, Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H. Kharuddin Syah, SE membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke VIII dan Festival Nasyid (FN) ke IX tingkat Kabupaten Labura yang akan berlangsung selama selama 4 hari mulai 26 – 29 April 2017 yang di pusatkan di kecamatan Kualuh Hilir tepat nya di kelurahan  Kampung Mesjid, Rabu (26/04/2017).