Home » Berita dan Kegiatan » Pekerja Jasa Konstruksi Akan Diwajibkan Punya Sertifikat Keahlian

Pekerja Jasa Konstruksi Akan Diwajibkan Punya Sertifikat Keahlian

Labura – Asisten Setdakab Labuhanbatu Utara Ekonomi dan Pembangunan Raja Saljukdin, M.Si membuka secara resmi Pelatihan Dan Sertifikasi Tukang Jasa Konstruksi yang diselenggarakan oleh Instruktur dari Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi dan Asesor yang datang dari Lembaga Pembangunan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Sumatera Utara bertempat di Gedung Serbaguna Komplek Kantor Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara, Selasa (27/2).

Pada kesempatan itu Raja mengatakan bahwa di zaman modern yang ditandai dengan kecanggihan alat teknologi dan informasi, sudah merambah kesegala lapisan masyarakat, bukan saja dilingkungan pemerintah dan dunia usaha, tapi juga sudah pada tenaga kerja pertukangan, khususnya tukang pasang batu. Walaupun mereka sudah ahli dalam memasang batu, baik untuk perumahan maupun konstruksi tapi secara administrasi belum memiliki sertifikat keahlian.

“ Dalam Undang-Undang Nomor 2 Tentang Jasa Konstruksi, pada Pasal 70 Ayat (1) disebutkan bahwa setiap tenaga kerja konstruksi yang bekerja di bidang jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja, berkenaan dengan undang-undang dimaksud para tukang di Kabupaten Labuhanbatu Utara wajib mengikuti pelatihan ini agar nantinya bisa mendapatkan Sertifikat Keterampilan Tenaga Kerja (SKTK)” ucap Raja.

Raja juga menjelaskan bahwa pelatihan ini sebagai sarana peningkatan kompetensi tukang konstruksi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan sertifikat keterampilan ini berlaku secara online di seluruh Indonesia.

“ Oleh karena itu para peserta pelatihan manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Secara bertahap kita akan meningkatkan kualitas tenaga kerja tukang pasang batu, baik melalui kegiatan pelatihan yang kita laksanakan maupun dengan cara mengirimkan tukang mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga-lembaga lainnya” harapnya.

Peserta pelatihan ini diikuti oleh 30 orang dari semua utusan 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Utara, saya harap seluruh pengetahuan dan pengalaman yang dijelaskan dan dimiliki berkaitan dengan tukang jasa konstruksi secara sistematis an sederhana mudah dicerna dan dipahami oleh seluruh peserta pelatihan ini, ujar Pembina LPJK Provinsi Sumut Lumban Raja, ST. M.Si.