Home » Berita dan Kegiatan » Pembuakaan Acara Pelatihan E-Planning 2017

Pembuakaan Acara Pelatihan E-Planning 2017

Labura – Sejalan dengan Kebijakan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) untuk mewujudkan tata kelola Pemerintah dan pelayanan publik yang baik dan trnsparan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Labuhanbatu Utara melaksanakan kegiatan pelatihan Aplikasi E-Planning di Hotel Grans Aek Kanopan, Selasa (28/11).

Pemerintah Indonesia mendorong pemanfaatan media Oline, melalui Inpres Nomor 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi Naisonal pengembangan E-Goverment, yang mengamanatkan setiap Lembaga Negara, untuk membangun Aplikasi berbasis Online guna mengembangkan E-Goverment, sebagai upaya penyelenggaraan Pemerintah yang berbasis Elektronik dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik.

Dalam pidato tetulisnya Bupati Labura H.Kharuddin Syah, SE yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Drs. Haris Rangkuti, M.Ap, pelatihan ini perlu dilaksanakn, bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kemudahan kepada Aparatur Pemerintah dalam merencanakan program kegiatan pembangunan Daerah dengan mempergunakan Aplikasi E-Planning yang berbasis Elektronik secara transparan dan Akuntabel di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara. Mengingat pada tahun depan kita sudah harus menggunakan seluruh Aplikasi berbasis Online, mulai dari Aplikasi perencanaan,Aplikasi Budgeting,Aplikasi Aset,Aplikasi Kepegawaian,Aplikasi pengaduan Masyarakat dan banyak lagi. Bupati juga memperintahkan Tahun depan seluruh OPD harus sudah terhubung dengan Internet, dan kepada seluruh peserta pelatihan agar mampu menyerap Informasi yang diberikan oleh Narasumber.

Penerapan E-Planning diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi semua pihak, baik Masyarakat dan semua Stakeholder terhadap akses Informasi sebagai acuan untuk berpartisipasi dan melakukan pengawasan, ini nantinya dapat membantu terbangunnya sikap positif para Stakeholder dan terhindarnya dari sikap Apriori terhadap program-program pembangunan di Daerah akibat keterbatasan Informasi. Ketersediaan Informasi di dalam E-Planning nantinya mendorong Masyarakat untuk berpartisipasi dalam program pembangunan Daerah.

Kegiatan itu juga dihadiri jajaran OPD, para peserta pelathan diantaranya Kasubbag Program,Operator Desa,Kasubbag Umum se Labura, dan menghadirkan Narasumber Muhammad Hamzah Fauji, dari Bappeda Asahan.