Home » Berita dan Kegiatan » Pembukaan Workshop Inovasi dan Penandatanganan MoU Pemkab Bersama Tiga Universitas

Pembukaan Workshop Inovasi dan Penandatanganan MoU Pemkab Bersama Tiga Universitas

Labura – Peran strategis perangkat penelitian dan pengembangan sebagai poros perumusan kebijakan dalam mendorong Inovasi Daerah sangat dinantikan. Badan Penelitian dan Pengembangan, merupakan Institusi yang strategis yang diharapkan menghasilkan rekomendasi kebijakan dalam mendukung percepatan pembangunan Daerah.

Hal itu diucapkan Wakil Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) Drs.H.Dwi Prantara,MM saat menghadiri serta membuka secara resmi Workshop Inovasi dan Penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten Labura dengan tiga Universitas Tentang Penyelenggaraan Penelitian dan Pengembangan di Labura. Kamis (6/12) di Aula Ahmad Dewi Syukur.

Lanjutnya, Wabup mengatakan bahwa perguruan tinggi merupakan lembaga yang sangat strategis dalam mendorong percepatan pembangunan suatu Daerah. Dengan sejumlah keunggulan yang dimilikinya, seperti sumber daya manusia, perangkat kelembagaan, serta kemampuan riset dan kajian. Maka eksistensi peran perguruan tinggi merupakan agen pembangunan di Daerah dan masyarakat.

Wabup juga mengucapkan terimakasih kepada pihak Universitas yang berkenan menjalin kerjasama ini dan sangat mengapresiasi kerjasama ini, demi mewujudkan Kabupaten Labuhanbatu Utara yang lebih maju dan berdaya saing. Adapun Universitas yang menjalin kerjasama bersama Pemkab yaitu Universitas Pembangunan Panca Budi, Universitas Medan Area, Universitas HKBP Nomensen Medan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Dwi berharap kepada seluruh OPD tidak boleh lagi bekerja rutinitas seperti selama ini. Akan tetapi harus menjadi motor perubahan, dengan lahirnya peraturan Pemerintah nomor 38 tahun 2017 tentang Inovasi Daerah sebagai turunan dari Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, ini menjadi landasan oprasioanal dalam melaksanakan Inovasi Daerah.

Semetara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Labura Drs. Ismail Hasibuan, menyampaikan dalam laporannya bahwa berdasarkan Perpres nomor 79 tahun 2017 tentang rencana kerja Pemerintah menetapkan inovasi tata kelola Pemerintahan adalah salah satu kegiatan prioritas naisonal.

Turut hadir pada acara tersebut Ketua DPRD Labura Drs. H. Ali Tambunan, serta kepala OPD, Prof. DR. Dadan Ramdan, M.ENG, M.SC, Rektor Universitas Medan Area, DR. H. M Isa Indrawan, SE, MM, Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi, DR. IR. Saban Malau, Rektor Universitas HKBP Nomensen.