Home » Berita dan Kegiatan » Pemkab Labura Adakan Pelatihan Sistem Monitoring Terpa

Pemkab Labura Adakan Pelatihan Sistem Monitoring Terpa

Labura – Dalam rangka optimalisasi pelaksanaan pengawasan atas realisasi anggaran dan belanja pada setiap Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara,Pemkab Labura melalui Bagian Pembangunan Setdakab Labuhanbatu Utara mengadakan pelatihan Sistem Monitoring Terpa bagi seluruh admin RUP dan Bendahara masing-masing OPD di jajaran Pemkab Labura, pada Selasa (30/10) bertempat di Aula Ahmad Dewi Syukur.

Pada acara itu Bupati Labuhanbatu Utara H.Kharuddin Syah, SE yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Abdul Haris Rangkuti membuka acara secara resmi, dan menyampaikan bahwa sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pejabat penghubung Tim Evaluasi Percepatan Realisasi Kabupaten Labura, telah dihunjuk Sekretaris Daerah, untuk mengordinasikan proses percepatan realisasi anggaran dan melaporkan rencana kerja serta progres capaiannya melalui sistem monitoring Terpa (Sismonetep), sehingga akan berdampak pada peningkatan pelayanan publik.

Lanjutnya, Aris menambahkan untuk mengetahui capaian kinerja laporan realisasi anggaran setiap OPD dimaksud, perlu diadakan evaluasi teknis atas realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah Labura pada setiap tahun anggaran berjalan dan evaluasi terhadap pelaksanaan program Pemerintah Daerah yangtelah ditetapkan dalam rencana kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara, di masing-masing OPD.

Dan untuk meningkatkan pengetahuan para Admin RUP masing-masing OPD, perlu diadakan pelatihan sistem monitoring yang baik, sehingga dapat menjadi pengaturan yang efektif bagi para pihak yang terkait dengan pengelolaan anggaran.

Diakhir sambutan tertulisnya Bupati berharap setelah acara pelatihan ini, dapat mengintegrasikan Simbaja dan Sismonetep di OPD-nya masing-masing. Sehingga dapat meperlancar pelaksanaan pengawasan APBD pada setiap tahun.

Pada acara pelatihan itu panitia mengundang Narasumber Bapak Sunarno  Staf IT Direktorat Perencanaan  Monitoring dan Evaluasi Pengadaan LKPP, yang datang dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI Jakarta.