Home » Berita dan Kegiatan » Pemkab Labura Adakan Sosialisasi /Pelatihan Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa

Pemkab Labura Adakan Sosialisasi /Pelatihan Rencana Umum Pengadaan Barang/Jasa

Labura РPemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setdakab melakukan  Sosialisasi / Pelatihan Rencana Umum Pengadaan Barang / Jasa, di lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara, di Aula Ahmad Dewi Syukur (17/12).

Acara itu di buka langsung oleh Wakil Bupati Labuhanbatu Utara Drs.H.Dwi Prantara, MM, dalam sambutannya Wabup mengatakan, berdasarkan peraturan presiden nomor 16 tahun 2018 dan sebelumnya juga diatur dalam Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah. Bahwa proses pengadaan barang/jasa harus diawali dengan penyusunan rencana umum pengadaan (RUP) dan wajib diumumkan pada portal pengadaan Naisonal, melalui aplikasi sistem informasi rencana umum pengadaan (Sirup) selain itu dapat juga diumumkan pada papan pengumuman resmi, Website Pemerintah, surat kabar dan atau media lainnya.

Lanjutnya, pengumuman RUP ini juga masuk dalam agenda rencana aksi daerah pencegahan dan pemberatasan korupsi (RAD-PPK) baik melalui Kementerian Dalam Negeri maupun dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dwi menjelaskan bahwa rencana umum pengadaan tahun berikutnya sudah harus ditayangkan paling lambat akhir tahun anggaran berjalan, artinya RUP APBD tahun 2019 sudah harus ditayangkan paling lambat akhir tahun bulan Desember 2018 ini.

Sosialisasi ini juga dirangkaikan dengan kegiatan pelatihan penyusunan RUP sekaligus Workshop input data RUP TA. 2019, dengan tujuan agar RUP APBD Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun anggaran 2019 sudah ditayangkan paling lambat akhir Desember 2018 ini. Hal ini tentu sejalan dengan peningkatan pelayanan Pemerintah khususnya di bidang pengadaan barang/jasa untuk mendukung Pemerintah yang baik.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wabup mengucapkan selamat mengikuti kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari, dengan disiplin dan menjaga ketertiban salama kegiatan berlangsung, dan kepada para kepala OPD untuk selalu memantau stafnya sehingga target penayangan RUP TA. 2019 pada akhir Desember 2018 ini dapat tercapai.

Kegiatan ini diadakan selama tiga hari, dan untuk hari pertama ini di jadwalkan kepada seluruh kepala OPD yang mengikuti, dan untuk hari selajutnya diikuti para pejabat pembuat komitmen dan operator RUP masing-masing OPD, kegiatan itu menghadirkan narasumber dari Kejaksaan Negeri Labuhanbatu Lusiana, SH serta DR. Ahmad Ferry Tanjung, SH, MM, MKn, dari Provinsi Sumatera Utara.