Home » Berita dan Kegiatan » Pemkab Labura Berupaya Raih Satya Lencana Wirakarya
Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah SE, (kiri baju putih) bersama Ketua DPRD Labuhanbatu Utara Drs. H. Ali Tambunan saat beri salam moto BKKBN 2 anak cukup di tugu Kampung KB Desa Air Hitam Kecamatan Kualuh Leidong.

Pemkab Labura Berupaya Raih Satya Lencana Wirakarya

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kabid KBKR BKKBN Sumut Drs. Sofian Rangkuti menyampaikan tahun 2016 Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah, SE, telah menerima penghargaan yang di terima di NTT terkait dengan dalam program kependudukan KB dan pembangunan keluarga yang disebut dengan Manggala Karya Kencana.

Sofian mengajak Kepala Dinas BKKBN Labuhanbatu Utara Muhammad Suib S.Pd untuk berupaya tidak hanya penghargaan Manggala Karya Kencana yang diraih tetapi juga berusaha untuk mendapatkan penghargaan Satya Lencana Wirakarya.

“Ini berupa salah satu wujud komitmen dari kita atas prestasi yang telah dilakukan oleh Bupati, tapi kami berharap tidak berhenti hanya sampai disini. Kita berharap pak Suib tahun depan barangkali bukan lagi manggala karya kencana tapi Satya Lencana Wirakarya itu perlu kita pikirkan untuk penghargaan buat pemerintah daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara secara khusus kepada bapak Bupati.” Ucapnya.

Hal itu disampaikannya pada acara pencangan IBI-KB-Kesehatan dan Pencanangan Kampung KB Labuhanbatu Utara Tahun 2018 di Desa Air Hitam Kecamatan Kualuh Leidong, Rabu (18/07/2018).

Pembentukan Kampung KB merupakan tindak lanjut surat edaran Mentri dalam negri Nomor : 440/70/SJ tanggal 11 Januari 2016 hal pencanangan dan pembentukan KB. Agar manfaat program KB dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil, dan wilayah nelayan.

Kampung KB dibentuk untuk meningkatkan kualitas hidup manusia tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, KB, dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Ketua DPRD Labuhanbatu Utara Drs. H. Ali Tambunan menjelaskan manfaat KB bagi keluarga ialah untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. meningkatkan status kesehatan ibu dan anak. menjarangkan jarak kelahiran terutama dalam mencegah kehamilan tak diinginkan.

“Bapak ibu tujuan dari KB bukan untuk memutus keturunan, tetapi meningkatkan kesejateraan keluarga. Menjarangkan jarak kelahiran, terutama dalam mencegah kehamilan tak diinginkan.” Ucap Ali Tambunan memberi penjelasan.

Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah SE, berharap Kampung KB diharapkan bisa menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga.