Home » Berita dan Kegiatan » Pemkab Labura Canangkan Imunisasi Measles Rubella

Pemkab Labura Canangkan Imunisasi Measles Rubella

Labura- Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Dinas Kesehatan melakukan kegiatan Pencanangan Imunisasi Measles Rubella (MR) Kamis (2/8) di Lingkungan VI Suka Rame, Kelurahan Aek Kota Batu,Kecamatan Na IX-X. Imunisasi massal MR ini bertujuan untuk memutus transmisi penularan virus campak dan Rubella yang ada di masyarakat.
Dalam sambutannya Ketua TP PKK Labura Hj. Ely Zarwaty Kharuddin Syah melalui Wakil Ketua TP PKK Labura Wenny Prisnawati Dwi Prantara menyampaikan, Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai Eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella/kecacatan, yang disebabkan oleh infeksi Rubella saat kehamilan tahun 2020. “Salah satu upaya yang dilakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut adalah dengan melaksanakan kampanye imunisasi massal dan introduksi imunisasi campak dan rubella,” ucapnya.
Untuk mensukseskan program ini, diharapkan partisipasi masyarakat dan mengajak Dinas/Lembaga terkait, ormas dan lembaga swadaya masyarakat kiranya ikut berkontribusi dalam Imunisasi massal MR ini. Ada pun sasaran pelaksanaan kegiatan Imunisasi massal MR adalah seluruh anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun yang berjumlah sekitar 115.229 orang di seluruh Kabupaten Labura.
Lanjutnya, diharapkan juga peran PKK, tokoh masyarakat, tokoh Agama, pengasuh pondok pesantren dalam memberikan penyuluhan agar masyarakat dapat menerima informasi ini dan semua dilakukan secara gratis. Selain itu, diharapkan pula organisasi profesi IDAI, IDI, IBI, PPNI dan insan pers ikut mengambil peran sesuai dengan perannya.
Pencanangan introduksi Imunisasi Measles Rubella ditandai dengan penyuntikan secara simbolis yang langsung disaksikan oleh Ketua TP PKK Labura dan juga Wakil Ketua TP PPK Labura serta Kepala Dinas Kesehatan.