Home » Berita dan Kegiatan » Pemkab Labura Menggelar Rapat Koordinasi Rancangan Awal Musrenbang RKPD TA.2020

Pemkab Labura Menggelar Rapat Koordinasi Rancangan Awal Musrenbang RKPD TA.2020

Aek Kanopan, (karla)
Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mengadakan Rapat Koordinasi Rancangan Awal Musrebang RKPD Tahun Anggaran 2020 di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Labuhanbatu Utara, Rabu (16/1).
Rapat di buka secara resmi oleh Sekretaris Daerah H. Habibuddin Siregar, AP, M.AP sekaligus membacakan Pidato Bupati Labura H. Kharuddin Syah, SE.
Dalam pidato tertulis Bupati yang di sampaikan Sekda, ialah bahwa rapat koordinasi rancangan awal Musrebang RKPD Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2020 ini, merupakan awal dari seluruh proses perencanaan, yang berguna untuk mengkoordinasikan arah dan kebijakan pembangunan yang akan kita laksanakan pada tahun anggaran 2020 mendatang.
Lebih lanjut Habib menyampaikan, persiapan awal yang harus kita laksanakan adalah menciptakan kesamaan pemahaman dan pendapat antara sesema pelaku dan pihak perencanaan pembangunan, tentang rancangan awal rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Labura tahun 2020, dengan berpedoman pada RPJPD Kabupaten  Labura, RPJMD Kabupaten Labura dan RPJMD Provinsi Sumatera Utara, serta RPJM Nasional yang akan kita sepakati bersama.
Penyusunan rancangan awal RKPD Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2020 mengacu pada undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sitem perencanaan pembangunan Nasional serta peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengadilan dan evaluasi pembangunan Daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD, serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD.
Diakhir sambutan tertulis Bupati, mengingatkan bahwa pada minggu 1 sampai minggu ke III Januari 2019 seluruh Desa/Kelurahan sudah dapat melaksanakan Musrebang Desa/Kelurahan, dan pada minggu 1 sampai minggu ke II Februari 2019, sudah akan dimulainya Musrebang Kecamatan. Bupati juga mengharapkan kepada para OPD supaya pro aktif dalam mengikuti Musrebang Kecamatan.
Laporan Ketua Panitia Penyelenggara yang di sampaikan Sekretaris Bapeda Suryadi, SE  mengatakan, rapat dilaksankan selama dua hari dengan agenda hari pertama pembukaan oleh Bupati Labura yang di wakilkan oleh Sekda, kemudian  Ekspose Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Labuhanbatu Utara terkait pertumbuhan ekonomi dan tingkat kemiskinan , dan dilanjutkan Ekspose Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan hari ke dua Bimbingan Teknis kepada seluruh operator OPD dan Kecamatan tentang pemahaman dan pendalaman Aplikasi E- Planning. (Rahmat Hidayat/ LK)