Home » Berita dan Kegiatan » Pemkab Labura Menggelar Rapat Uji Publik Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan

Pemkab Labura Menggelar Rapat Uji Publik Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan

Labura – Pemerintah Kabupaten Labuhanabtu Utara (Labura) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah menyelenggarakan Rapat Uji Publik Sistem Informasi Monitoring Evaluasi Peleksanaan Pembangunan tahun 2018, rapat dibuka secara resmi oleh Bupati Labura yang di wakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Drs.H.Raja Saljukdin, M.Si, di damping Asisten Administrasi Umum Abdul Haris dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Iwan Lubis, di Aula Kantor Bupati Labura, pada Jum’at (26/10).

Sesuai dengan pasal 5 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2004 menyatakan bahwa rencana pembangunan jangaka menengah (RPJM) Daerah merupakan penjabaran visi misi program Kepala Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2005-2025 dengan memperhatikan RPJM Naisonal.

RPJM tersebut antara lain memuat arah kebijakan keuangan Daerah, strategi pembangunan Daerah, kebikan umum dan program satuan kerja perangkat Daerah dan program kewilayahan disertai dengan rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

Dalam sambutan tertulis Bupati yang dibacakan oleh Asisten Ekbang menyampaikan, pelaksanaan acara uji publik sistem informasi monitoring Evaluasi pelaksanaan perencanaan pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2018 merupakan tindaklanjut atas Permendagri Nomor 86 tahun 2017 Pasal 14 Ayat (3) dan (4) bahwa penyusunan RPJPD, RPJMD, dan RKPD, dilakukan berbasis pada E-Planning.

Lanjutnya, sistem informasiĀ  monitoring evaluasi pelaksanaan perencanaan pembangunan Kabupaten Labura adalah merupakan alat untuk mempermudah sistem evaluasi dan pelaporan. Pengendalian serta kesesuaian terhadap dokumen perencanaan dan realisasi APBD yang dilaksanakan pada tahun berjalan, baik dalam kurun waktu bulanan, triwulan maupun semesteran sehingga dapat terwujud konsistensi antara dokumen RPJPD, RPJMD, RKPD, serta realisasi APBD.

Diakhir sambutannya, semoga kepada seluruh peserta yang hadir dalam acara itu dapat meningkatkan profesinalisme, wawasan dengan kompetensi yang tinggi dalam bekerja, serta mengetahui arti pentingnya pelaksanaan sistem informasi monitoring evaluasi perencanaan pembangunan di Kabupaten Labuhanabatu Utara ini.

Turut hadir pada acara itu Kepala OPD, serta Kasubag Program setiap Dinas, serta Narasumber yang di undang oleh panitia Ibu Yoshida Sary, S.Kom, M.Kom.