Home » Berita dan Kegiatan » Pemkab Labura Peringati Hari Keluarga Nasional

Pemkab Labura Peringati Hari Keluarga Nasional

Labura – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) memperingati Hari Keluarga Naisonal (Harganas) yang ke XXV tahun 2018 dan momentum bhakti sosial kesatuan gerak PKK-KKBPK-KES Kabupaten Labuhanbatu Utara, di lapanganĀ  Emplasmen TuriĀ  PT.PN IV Kebun Berangir, Rabu (24/10).
Tema Harganas ke XXV tahun 2018 adalah, Hari Keluarga Hari Kita Semua dengan membawa tagline Cinta Keluarga Cinta Terencana, yang memiliki maksud pentingnya mencintai dalam keluarga dan pentingnya perencanaan dalam membangun keluarga. Hari keluarga Naisonal ditetapkan tanggal 29 Juni melalui keputusan Presiden RI Nomor 39 tahun 2014. Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnyan keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan Negara.
Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah, SE dalam sambutannya pada peringatan Harganas menyampaikan, bahwa kegiatan ini bernilai positif, mengingat peranan keluarga dalam konteks pembangunan daerah dari waktu ke waktu semakin dibutuhkan dan memiliki arti strategis. Seiring dengan dijadikannya keluarga sebagai titik sentral pembangunan yang berkelanjutan.
Lanjutnya, peringatan Harganas memiliki tujuan meningkatkan peran serta Pemerintah Daerah, mitra kerja dan swasta, tentang pentingnya penerapan 8 fungsi keluarga yaitu, fungsi Agama, sosial budaya, cinta kasih dan sayang, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan lingkungan. Selain itu, untuk pembentukan karakter sejak dini, guna mewujudkan pelembagaan keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.
Pada kesempatan itu Bupati juga mengajak seluruh keluarga di Labuhanbatu Utara, untuk memperhatikan pembangunan ketahan dan kesejahteraan keluarga, dengan menerapkan delapan fungsi keluarga.
Diakhir sambutannya Bupati menegaskan bahwa program KB bukanlah program yang mengada-ada, bukan program yang tanpa tujuan baik, karena program ini adalah untuk kepentingan semua orang, keluarga dan bangsa kita secara keseluruhan.
“Dan ini harus menjadi tanggungjawab setiap pemimpin dan masyarakat luas”ucap Bupati.