Home » Berita dan Kegiatan » Pemkab Labura Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Pemkab Labura Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Labura – Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan mengangkat Tema Kendalikan Sampah Plastik, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia itu dilaksanakan pada hari Rabu (26/9) di Desa Pasang Lela Kecamatan Na 1X-X.

Setiap tahunnya, agenda ini selalu diperingati di berbagai belahan dunia, 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Pidato Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang dibacakan Wakil Bupati Labuhanbatu Utara Drs.H.Dwi Prantara,MM, dalam pengelolaan sampah plastik berkelanjutan, terdapat beberapa prinsip utama yang harus diterapkan, yaitu :

– Melaksankan Re-design kemasan dengan cara mengurangi kemasan atau wadah sekali pakai dan meningkatkan agar dapat diguna ulang atau didaur ulang.

– Mengurangi timbunan sampah plastik sejak dari sembernya dengan cara menghindari dan membatasi penggunaan kemasan, bungkus, dan kantong belanja plastik sekali pakai.

– Memanfaatkan kembali kemasan atau kontainer plastik untuk fungsi yang sama atau fungsi yang lain.

– Mendaur ulang kemasan dan wadah plastik yang memang di-design dapat didaur ulang.

– Kepemimpinan setiap elemen kelembagaan dalam masyarakat.

Pada kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia itu Pemkab Labura melalui Dinas Lingkungan Hidup juga memberikan Piagam ke Sekolah SD dan Piagam juga diberikan kepada Pabrik Kelapa Sawit serta Penyerahan Tong Sampah sebanyak 50 buah untuk Desa Pasang Lela dan juga bibit jambu madu dan bibit kelapa yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua DPRD Labura.