Home » Berita dan Kegiatan » Pemkab Labura Tabur Ribuan Benih Ikan

Pemkab Labura Tabur Ribuan Benih Ikan

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara Melalui Dinas Pertanian laksanakan tabur benih ikan. Penaburan ribuan benih ikan ini dilakukan langsung oleh Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah SE, yang didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Hendry Simarmata S.Pi. dan juga dihadiri oleh pegawai Dinas pertanian, camat dan lurah serta masyarakat setempat.

Jenis benih ikan yang ditaburkan adalah lele dumbo yang berjumlah 3000 ekor. Penaburan benih ikan dilakukan di Sungai Aek Kanopan tepatnya di Kelurahan Aek Kanopan Timur, Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara, Selasa (13/11), pagi.

usai acara tersebut berlangsung, saat dikonfirmasi Kharuddin Syah mengatakan penaburan benih ikan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Penaburan benih ikan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, juga agar masyarakat menjaga juga melestarikan ikan di perairan di sungai ini dengan cara tidak meracuni serta membuang sampah di sungai ini” Ucapnya.

Hal Senada juga diucapkan oleh Kadis Pertanian Hendry Simarmata S.Pi, bahwa kegiatan ini sebenarnya merupakan usaha dari dinas pertanian yang mana mengedukasi masyarakat setempat dekat aliran sungai Aek Kanopan ini mereka tidak lagi mencemari lingkungan khususnya sungai ini termasuk juga tidak lagi meracuni karena kita ketahui bersama bahwa sungai ini memiliki jenis ikan endemik Seperti contohnya ikan baung.

“ini sebenarnya merupakan usaha dari dinas pertanian, yang mana mengedukasi masyarakat setempat dekat aliran sungai Aek Kanopan ini. Agar mereka tidak lagi mencemari lingkungan khususnya sungai ini termasuk juga tidak lagi meracuni karena kita ketahui bersama bahwa sungai ini memiliki jenis ikan endemik Seperti contohnya ikan baung.” ujarnya.

Lanjutnya dirinya mengatakan, Disini juga tempat berkembangbiaknya udang galah jadi jenis ikan tersebut merupakan jenis ikan yang komersil dan ini merupakan ikan khas dari Labuhanbatu Utara dan kita ingin melestarikan ikan tersebut bagaimana supaya tidak punah namun upaya yang kita lakukan mencari usaha yang lebih lembut bagaimana kita tidak melakukan upaya-upaya yang sifatnya represif yang sifatnya kita menghindari adanya benturan masyarakat sekitar

Hendry berharap dengan cenderung memberikan edukasi dan memberikan contoh serta kegiatan menaburkan ikan ke sungai, masyarakat itu jadi merasa malu untuk mencemari dan meracuni ikan yang ada di sungai tersebut.