Home » Berita dan Kegiatan » Pemkab Launching Sistem Informasi Kepegawaian Online (SIGAOL)

Pemkab Launching Sistem Informasi Kepegawaian Online (SIGAOL)

Labura – Para Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mengubah minsednya. Selain itu, para ASN sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat juga harus berinovasi.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) Drs. H. Dwi Prantara, MM dalam arahanya pada acara Pelatihan Sistem Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penanganan Kasus Disiplin PNS, serta Launching Sistem Informasi Kepegawaian Online (SIGAOL) di Aula Ahmad Dewi Syukur, Kamis (22/11).

“Jangan berfikir ASN dulu seperti ASN sekarang. ASN sekarang tidak bisa lagi suka hati”,ucap Wabup.

Lanjutnya, lounching Sigaol sangat penting, pelatihan administrasi KPO dan penanganan penjatuhan hukuman disiplin ASN. Ia berharap system yang sudah dapat digunakan itu, selain melayani ASN untuk urusan KPO dan cuti, dimasa mendatang dapat dikembangkan lebih baik lagi untuk urusan lain.

Sebelum mengakhiri arahannya, wabup kembali mengingatkan penerapan peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang peraturan disiplin ASN sabegai acuan.

“Saya yakin masih banyak yang belum membaca seluruh pp 53 ini”,ucapnya.

Launching system baru itu ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh WakilBupati Labura Drs H Dwi Prantara MM didampingi Ketua DPRD Drs H Ali Tambunan, Kepala Kantor Regional VI BKN Sumut English Nainggolah SH MH, Kabid Mutasi BKN Sumut Westerling Siregar dan Kepala BKD Labura Dra Hj Susi Asmarani MSi.

Susi dalam laporannya menyebutkan, dengan program baru itu diharapkan pelayanan terhadap para aparatur sipil Negara (ASN) dapat lebih singkat, mudah dan transparan. Selain itu, menurutnya, pada hari itu juga dilaksanakan Pelatihan Administrasi Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penanganan Penjatuhan Hukuman Disiplin PNS.

Lebih lanjut disebutkannya, manfaat aplikasi SIGAOl itu adalah informasi kepegawaian cepat dan akurat, kemudahan pembuatan laporan kepegawaian, penyebaran pegawai sesuai dengan pendidikandan kompetensi, perencanaan kebutuhan dan rekrutmen pegawai serta pelayanan kepegawaian ramah lingkungan.

Mantan Camat terbaik tingkat Sumut itu menjelaskan, peserta pelatihan lebih kurang 150 orang yang terdiri dari Pejabat Pratama Madya, sekretaris OPD, camat, lurah dan kasubbag. Sedangkan narasumber adalah Kakan Reg VI BKN Sumut English Nainggolan SH MH dan Kabid Mutasi Westerling Siregar.

Ketua DPRD Drs H Ali Tambunan pada kesempatan itu mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BKD. Menurutnya, saat ini diperlukan database dari berbagai hal termasuk ASN yang ada di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok itu.

Dengan adanya system itu, maka diharapkan ke depan berbagai urusan para ASN semakin mudah dan transparan. Karena saat ini menurutnya, sulit membedakan mana yang ASN dan yang bukan.

Pada kesempatan itu, Wabup didampingi Ketua DPRD dan Kepala BKD Labura menyerahkan cinderamata berupa plakat lambang kabupaten itu kepada Kakan Regional VI BKN Sumut English Nainggolan SH MH.