Home » Berita dan Kegiatan » Per 1 Agustus Seluruh OPD Labura Sudah Bisa Melaksanakan Perekaman Sidik Jari

Per 1 Agustus Seluruh OPD Labura Sudah Bisa Melaksanakan Perekaman Sidik Jari

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara gelar Sosialisasi Simulasi pengelolaan aplikasi perekaman daftar hadir secara elektronik berbasis online melalui Bidang Organisasi Sekdakab yang di gelar diruang rapat Lt II kantor Bupati Labuhanbatu Utara, Selasa (24/07/2018).

Kabag Organisasi Putra Zulad, AP mengatakan Pertanggal 1 agustus seluruh OPD Labuhanbatu Utara sudah bisa melaksanakan perekaman sidik jari dan selanjutnya kegiatan dilaporkan ke lembaga Korsupgah KPK.

“Pertanggal 1 agustus seluruh SKPD sudah bisa melaksanakan perekaman sidik jari. dan insyallah per akhir agustus pak asisten kita juga sudah bisa melaporkan kegiatan kita ini kepada lembaga Korsupgah KPK(Koordinasi dan Supervisi Pencegahan ) jadi bukan Orta yang buat-buat ketentuan ini” Ungkapnya.

Lanjutnya dirinya mengatakan perekaman sidik jari akan dilakukan di Sekdakab bagian Orta. Ini tujuanya adalah daftar hadir tidak bisa ditukang-tukangi, jadi kita melakukan perekaman di Kabupaten.

Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Abdul Haris Rangkuti M.Ap pada saat membuka Sosialisasi Simulasi pengelolaan aplikasi perekaman daftar hadir secara elektronik berbasis online mengatakan latarbelakang dilaksanakanya absensi elektronik adalah tuntutan peningkatan disiplin baik itu disiplin kehadiran utamanya maupun disiplin kinerja.

“jadi perekaman atau absensi berdasarkan absensi elektronik ini sebenarnya bukan maksud kita agar pemerintah daerah itu semakin kecil merealisasikan tambahan penghasilan. Sebenarnya latarbelakangnya salah satu memang tuntutan peningkatan disiplin baik itu disiplin kehadiran utamanya maupun disiplin kinerja.” Ungkapnya

Hal senada juga disampaikan oleh Nara sumber Sosialisasi  perekaman daftar hadir secara elektronik berbasis online, Kepala Bidang TI Dinas Komunikasi dan Informatika Labuhanbatu Utara Hendra Budi S.Kom, dirinya mengatakan bahwa absensi elektronik bukanlah untuk mengurangi pendapatan, tetapi dimaksudkan untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai.

“dilaksanakannya daftar hadir secara elektronik, bukanlah untuk mengurangi pendapatan, tetapi dimaksudkan untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai. Ungkapnya.

Abdul haris juga menerangkan absensi secara elektronik ini seharusnya sudah efektif mulai bulan april 2017 semalam. Kemarin ada hambatan pembayaran dari Badan Pengelola Anggaran permintaan pembayaran terkait TPP tidak bisa direalisasikan karena kita sendiri tidak konsisten.