Home » Berita dan Kegiatan » Peringatan HKN Ke-53 Dinkes Labura Serahkan 2 Unit Ambulan

Peringatan HKN Ke-53 Dinkes Labura Serahkan 2 Unit Ambulan

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) menggelar upacara memperingati Hari Kesehatan Nasional yang Ke – 53 di Lapangan Halaman Dinas Kesehatan Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Rabu (15/11).

Bertemakan “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”, peringatah Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang Ke – 53 dihadiri oleh Sekretaris Daerah Drs. Ahmad Fuad Lubis, M.Si, Ketua DPRD Komisi C M. Sinurat, Kapolsek Kualuh Hulu, Dandim 126, Kepala OPD, Camat Kualuh Hulu Jhon Fery SSTP, Direktus BPJS Kesehatan, Ibu PKK dan Kepala Puskesmas masing-masing setiap Kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Pada sambutan Menteri Kesehatan yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah Labuhanbatu Utara Drs. Ahmad Fuad Lubis, M.Si, menyampaikan sesuai dengan tema Hari Kesehatan Nasional Tahun 2017, maka terkandung makna bahwa melalui keluarga berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat khususnya di lingkungan keluarga, melalui pendekatan keluarga menjadi awal untuk mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Program lain yang didorong adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), untuk mengajak kerjasama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berprilaku hidup sehat.

“Dengan mendorong Program Indonesia Sehat, pendekatan keluarga dan Germas, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sabagai upaya promotif dan preventif. Yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif yang dalam berperan aktif dalam pembangunan nasional” Ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Dr. Hj. Saodah Nasution menyampaikan Dinas Kesehatan terus berupaya melakukan perbaikan dibidang pelayanan kesehatan baik sarana maupun prasarana dengan melakukan perbaikan/Rehab Puskesmas-puskesmas, melengkapi peralatan maupun peningkatan mutu sumberdaya manusianya.

“Hal ini sejalan dengan Permenkes No. 44 Tahun 2016, bahwa semua puskesmas harus terakreditasi sampai tahun 2019”. Ucapnya.

Dalam menyambut Hari Kesehatan Nasional yang Ke – 53 Dinas Kesehatan Labura juga mengadakan beberapa kegiatan serta pertandingan dan perlombaan. Adapun kegiatan yang dilaksanakan berupa senam masal yang di gelar di Lapangan Bhayangkara Aek Kanopan, Pemeriksaan IVA Test pada seluruh Puskesmas dengan hasil 620 orang untuk pencegahan kanker serviks, Pemeriksaan PTM di Posyandu Lansia seluruh Puskesmas 700 Orang dan Penilaian Tenaga Kesehatan Puskesmas dengan maksud sebagai pengakuan atas keteladanan tenaga kesehatan dalam pembangunan kesehatan di puskesmas.

Sedangkan pertandingan dan perlombaan yang di laksanakan adalah Penilaian Puskesmas terbaik, Posyandu terbaik, kader posyandu terbaik, Lomba balita Sehat. Dan Dokter Teladan, Perawat Teladan serta Bidan Teladan

Acara tersebut juga di rangkai dengan pemberian Trophy dan bingkisan pada pemenang perlombaan serta penyerahan dan pemberian Lansia Kit kepada 10 Puskesmas serta penyerahan 2 unit mobil Ambulance, yang diberikan pada Puskesmas Kampung Pajak dan Puskesmas Bandar Durian.(Lk/wk)