Home » Berita dan Kegiatan » Profesionalisme Kehumasan Harus di Tingkatkan di Daerah

Profesionalisme Kehumasan Harus di Tingkatkan di Daerah

Medan – Dalam upaya meningkatkan profesionalisme humas pemerintah se Sumatera Utara, Biro Humas dan Keprotokolan Sekertariat Daerah Provinsi Sumatera Utara menggelar Pelatihan Kehumasan, yang dilaksanakan mulai Rabu-Jumat (15-17/11) di Karibia Boutique Hotel, Medan beberapa hari lalu. Pelatihan diikuti oleh humas pemerintah kabupaten/kota se Sumatera Utara dan Pemerintah Provinsi.

Pembukaan pelatihan dengan tema “Bekerja Bersama Menuju Humas Pemerintah Profesional” dilakukan oleh Plt Sekda Provsu Ir Ibnu Sri Utomo, MM bersama Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Ilyas S Sitorus. “Saya berharap para peserta mengikuti pelaksanaan Workshop dengan sebaik-baiknya, karena humas pemerintah menjadi harapan bagi pemerintah untuk melahirkan dukungan publik sekaligus mendorong munculnya partisipasi masyarakat,” ujar Ibnu Hutomo.

Ibnu mengatakan bahwa partisipasi publik merupakan satu prasyarat bagi suksesnya pelaksanaan berbagai program pemerintah yang pada akhirnya nanti hasilnya dapat dinikmati oleh publik. Sebagai corong atau sumber informasi, kata Ibnus, humas pemerintah wajib memiliki kemampuan yang mumpuni dalam menghadapi tantangan dan perkembangan zaman. “Agar mampu menjawab berbagai persoalan dan tantangan tersebut, humas pemerintah dituntut semakin profesional. Terlebih lagi perubahan zaman yang sangat cepat, khususnya perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi menyebabkan humas pemerintah juga harus mampu beradaptasi,” ujar Ibnu.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu Ilyas S Sitorus menambahkan bahwa seorang Humas pemerintah dituntut profesional dan menguasai berbagai kemampuan diantaranya adalah penguasaan terhadap teknik penulisan humas (public relations writing), menguasai kemampuan fotografi jurnalistik dan penanganan media (media handling ). Ketiga kemampuan itu sangat perlu dikuasai oleh humas pemerintah dalam rangka menyampaikan informasi kepada publik secara cepat, tepat, efektif dan efisien.

Sementara di tempat terpisah kabag humas dan protokol Setdakab Labura Timbul Jhons Harianja l, SSTP,M.AP mengatakan Pemkab Labura turut serta mengikuti workshop tersebut dengan mengirimkan 1 staf pemberitaan, dan 1 staf photografer. Diharapkannya mereka dapat menggali ilmu di workahop tersebut dan dapat diterapkannya di lapangan nantinya.

“Sudah kita kirimkan dua staf mengikuti kegiatan tersebut, semoga bisa di terapkan ilmunya nanti di Labura”, tuturnya.