Home » Berita dan Kegiatan » Rapat Koordinasi PPID Labura

Rapat Koordinasi PPID Labura

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengadakan Rapat Koordinasi PPID dan PPID pembantu di Aula Kantor Bupati Labuhanbatu Utara Senin (27/11).

PPID merupakan singkatan dari pejabat pengelola Informasi dan Dokumentasi, bertanggung jawab dibidang penyimpanan, pendokumentasian penyedian dan pelayanan Informasi di Badan publik. Dasar hukum pembentukan PPID adalah UU No.14 Tahun 2008 Tentang keterbukaan Informasi publik, UU No.25 Tahun 2009 Tentang pelayanan Publik, PERMENKOMINFO No. 117 Tahun 2010 Tentang Organisasi Pengelola Informasi dan Dokumentasi.

Dalam sambutannya Bupati Labuhanbatu Utara H. Kharuddin Syah, SE yang di wakili oleh Asisten Administrasi Umum, Drs.H. Haris Rangkuti, M.Ap, mengatakan adapun tujuan diadakannya Rakor ini untuk menegaskan kembali PPID dan PPID pembantu akan tugasnya dalam mengupulkan Informasi dan mempublikasikannya terhadap publik, guna mewujudkan sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi yang baik.

Rapat koordinasi yang dilaksanakan ini untuk mensinergikan pelayanan informasi, anatara PPID dengan SKPD dalam hal ini PPID pembantu, PPID dan PPID pembantu dalam memberikan Informasi kepada pemohon Informasi harus memperhatikan dan mempedomani prosedur maupun aturan yang mengaturnya.

Kemudian Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Drs. Sugeng mengatakan PPID pembantu diharapkan berperan aktif dalam pengelola informasi dan komunikasi yang ada pada OPD nya masing-masing dalam memberikan Informasi kepada pemohon Informasi harus berkoordinasi dengan atasan PPID pembantu dan PPID utama, tindak lanjut dari Rakor yang dilksanakan hari ini adalah pembuatan SK PPID pembantu pada tiap-tiap OPD, selain itu permintaan data terhadap usulan daptar Informasi yang dirangkum oleh tiap-tiap SKPD.