Home » Berita dan Kegiatan » Sofyan Yusma Minta Para KPMD Memberdayakan Diri Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Labura

Sofyan Yusma Minta Para KPMD Memberdayakan Diri Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Labura

Labura – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Drs. H. Sofyan Yusma, M.Si membuka secara resmi Pelatihan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD) Kabupaten Labuhanbatu Utara di Grans Hotel Labura, Rabu (02/5).

Pada kesempatan itu Sofyan mengatakan KPMD sebagai kader yang memegang posisi yang strategis untuk mengawal implementasi undang-undang desa, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Tentunya KPMD lebih paham dan mengerti tentang kondisi desanya masing-masing.

“ Oleh karena itu, kaderisasi masyarakat desa menjadi sangat penting untuk keberlanjutan kerja pemberdayaan sebagai penyiapan warga desa untuk menggerakkan seluruh kekuatan desa “ ucap Sofyan.

Sofyan juga mengatakan selama proses pendampingan, pendekatan fasilitatif oleh pendamping profesional dan pihak ketiga harus mampu menumbuhkan kader-kader desa, yaitu KPMD yang piawai tentang ihwal desa karena kader-kader KPMD lah yang akan melanjutkan pendampingan secara emansipatoris.

“ Harapan saya pada pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas kader pemberdayaan masyarakat desa, merubah pola pikir, menambah pengetahuan dan pencerahan jiwa bagi para kader untuk memberdayakan dirinya dan dapat mewarnai perubahan perilaku masyarakat dilingkungannya menjadi lebih berdaya untuk meningkatkan kesejahteraan,” harap Sofyan.

Selanjutnya, Kabid Pembangunan Desa Muslim Sipahutar, S.Pd juga menyampaikan mengingat pentingnya pelatihan ini para peserta benar-benar mengikuti pelatihan dan menyimak materi yang disampaikan oleh narasumber dari Provinsi Sumatera Utara Drs. Chandra Silalahi, M.Si dan Juara Siahaan, SH (Kasi Pengembangan Usaha EK. Desa SDA dan TTG).