Home » Berita dan Kegiatan » SUGITO : TINGKATKAN SISTEM PENDATAAN SUPAYA LEBIH AKURAT DAN SINKRON

SUGITO : TINGKATKAN SISTEM PENDATAAN SUPAYA LEBIH AKURAT DAN SINKRON

Labura – Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) Sugito membuka secara resmi Kegiatan Penyusunan dan Pengumpulan Data Statistik Daerah di Aula Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Labura, Jumat (23/2).

Anggota DPRD Dapil Kualuh Leidong dan Kuluh Hilir Ini menyampaikan mengenai urusan statistik dalam peraturan Presiden No 18 Tahun 2016, statistik merupakan salah satu urusan pemerintahan wajib yang bukan pelayanan dasar, tugas urusan statistik di daerah adalah menyelenggarakan pengumpulan dan pengolahan data. Adapun fungsi urusan statistik di daerah adalah menyusun rencana dan program kegiatan seksi pengumpulan dan pengolahan data, melaksanakan tertib administrasi dan menyusun laporan program dan kegiatan yang menjadi lingkup tugasnya dan melaksanakan evaluasi dan pelaporan dibidang pengumpulan data pengolahan data.

Badan Pusat Statistik (BPS) Bapak Syukur Dalimunthe juga menjelaskan bahwa pengumpulan data statistik kemiskinan secara primer itu langsung pada sasarannya sedangkan secara sekunder melalui sensus dan survey. Berdasarkan data yang kami peroleh setelah tahun 2015 kami tidak mendata kemiskinan lagi tetapi mendata rumah tangga menengah ke bawah, Ucapnya.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bapak Drs. Sugeng juga menambahkan untuk menyesuaikan data dan apa saja persyaratannya bisa konsultasi langsung ke Dinas Sosial, ungkapnya.

“ Harapan saya kepada BPS untuk dapat membimbing seluruh OPD dan kepada seluruh OPD agar meningkatkan lagi sistem pendataannya supaya data yang diperoleh akurat dan sinkron” Ucap Sugito.