Home » Berita dan Kegiatan » Tim Saber Pungli Kabupaten Rapat Koordinasi

Tim Saber Pungli Kabupaten Rapat Koordinasi

Aek Kanopan – Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara diwakiki oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik H. Endar Sakti Hasibuan, S.Ag,  memimpin Rapat Koordinasi Saber (Sapu Bersih) Pungli (Pungutan Liar) Kabupaten Labuhanbatu Utara, kegiatan yang bertujuan untuk pembentukan Tim Saber Pungli dalam rangka pemberantasan pungutan liar di Kabupaten Labuhanbatu Utara, dipusatkan di Aula Kantor Bupati Labuhanbatu Utara, Rabu (17/10/2018).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Labuhanbatu M. Junaidi, SH. MH, Plt. Inspektur Kabupaten Labuhanbatu Utara Drs. Armada Pangaloan, Kepala Satuan Intelijen  Kepolisian Resor Labuhanbatu, serta perwakilan dari OPD, Kejaksaan Negeri Labuhanbatu, Kepolisan Resor Labuhanbatu

Seperti dijelaskan oleh Kepala Badan Kesbang Polinmas Endar,  kegiatan Rapat Koordinasi Saber Pungli yang dilaksanakan ini merupakan yang pertama kali setelah penyempurnaan SK Nomor : 300/16/ Kebangpolinmas/ 2018, sebagai tindak lanjut dikeluarkannya SK Bupati Labuhanbatu Utara Nomor : 300/339/KESBANGPOL/2018 Tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.  Serta Intruksi Mendagri No.  180/3965/SJ Tentang Pengawasan Pungli Dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tanggal 24 Oktober 2016.

Tim Saber Pungli ini terdiri dari Instansi Lembaga/OPD/Kapolres, Kejari, yang berkerjasa secara terkoordinasi dalam pemberantasan Pungli di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Untuk Penanggungjawab Saber Pungli adalah Bupati Kepulauan Labuhanbatu Utara dan Ketua Pelaksana Tim Saber Pungli Wakapolres Labuhanbatu Utara.

Menyikapi hal tersebut Endar Sakti berharap, dengan adanya Tim Saber Pungli Meranti, yang memiliki tugas dan wewenang seperti, Pokja Intelijen yang diketuai Kepala Satuan Intelijen Kepolisian Resor Labuhanbatu kemudian Pokja Pencegahan diketuai oleh Kepala Satuan Bina Masyarakat Kepolisian Resor Labuhanbatu, Pokja Penindakan diketuai oleh Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Labuhanbatu dan Pokja Yustusi diketuai oleh Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Labuhanbatu. pencegahan dan pemberantasan pungli dengan mengoptimalkan personil, sarana prasarana dan satuan kerja yang ada di Labuhanbatu Utara dapat megantisipasi praktek Saber Pungli yang dilakukan oleh Masyarakat maupun Oknum Pemerintah, sehingga apa yang diharapkan yakni  birokrasi yang bersih dan profesional serta mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dapat diwujudkan.

Tim Saber Pungli Labuhanbatu Utara memiliki kewenangan melakukan pemberantasan pungutan liar secera efektif dan efisien di lingkungan Labuhanbatu Utara termasuk melalukan operasi tangkap tangan, memberikan rekomendasi pada Bupati untuk sanksi pelaku sesuai dengan peraturan perundang-undangan.