Home » Berita dan Kegiatan » Tim Surveyor KARS Uji Akreditasi RSUD Aek Kanopan, Ini Harapan Wakil Bupati Dwi

Tim Surveyor KARS Uji Akreditasi RSUD Aek Kanopan, Ini Harapan Wakil Bupati Dwi

Aek Kanopan, (Kabar Labura)

Tim surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) mulai menguji RSUD Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara.
Sesuai jadwal penilian akreditasi dilakukan selama tiga hari mulai 6 sampai 8 Desember 2018.

Tim penguji berjumlah tiga orang, masing-masing dr. Merlin Silumbang, M.Kes akan melakukan surveyor manageman, dr Iwan Setiawan, M.Kes, Sp.S surveyor medik dan Resmi Masdelina Siregar, S.Kep, Ners, M.Kep  surveyor keperawatan.

“Surveyor antaralain menilai kualitas, efektifitas, efisiensi dan kepuasan pasien. Penilian dikukan dengan observasi, wawancara, pemeriksaan dokumen atau demo,” kata dr Iwan Setiawan, Mkes, Sp.S Sabtu sore (8/12/2018) saat menjelaskan kepada Wakil Bupati Labuhanbatu Utara.

Sementara Dwi Prantara menyatakan mendukung penuh akreditasi RSUD Labuhanbatu Utara
Hal itu sebagai upaya meningkatkan pelayanan di rumah sakit terhadap masyarakat.

“Bila masih ada kekurangan tolong beritahu kami, agar bisa kami perbaiki,” kata Mas Dwi
Menurut Dwi Prantara persiapan menghadapi ujian akreditasi telah dilakukan.

Namun sebagai daerah yang masih menyandang status Tipe C persiapan itu tidak bisa disamakan dengan kabupaten/kota lain yang lebih maju.
Di sisi lain Ketua DPRD Drs. Ali Tambunan menyatakan mendukung penuh dalam penilaian Akreditasi RSUD Aek Kanopan dan meminta tim KARS memahami budaya masyarakat Labura, ketika membawa berobat keluragannya ke rumah sakit.

Masyarakat biasanya datang mengantar ramai-ramai yang terkadang membuat petugas medis tidak bisa menerapkan SOP sepenuhnya dalam melayani pasien.

“Tapi itu semua menunjukan kecintaan masyarakat kami pada keluarganya yang sakit,” jelas dr Hj. Mestika Mayang.

Ketua Tim Akreditasi RSUD Aek Kanopan dr. H Carles Siregar, S.pA mengatakan bahwa tujuan Akreditasi RUSUD Aek Kanopan agar mendapatkan pengakuan, standar untuk meningkatan mutu serta keselamatan pasien. Pemeriksaan dimulai dari pintu gerbang, pelayanan pasien hingga drainase RSUD Aek Kanopan, pungkasnya. (Diskominfo Labura)