Home » Berita dan Kegiatan » Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Labura Studi Tiru ke Pacitan

Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Labura Studi Tiru ke Pacitan

Pacitan – Jajaran Pemkab Labuhanbatu Utara, berkunjung ke Pacitan untuk studi tiru berbagai inovasi yang diterapkan kabupaten di ujung selatan Pulau Jawa ini, Jum’at (27/06). Salah satunya, Penyusunan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Kunjungan rombongan ini dipimpin oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Labuhanbatu Utara Drs. Sugeng. Didampingi oleh Kabag Humas Timbul Jhonwilson Harianja S.SPT M.Si, Sekretaris Komunikasi dan Informatika Teddy Yulianto S.STP dan perwakilan dari OPD lainnya.

Pada kesempatan tersebut Sugeng mengatakan kedatangannya dalam studi tiru ini untuk mempelajari program-program unggulan yang dimiliki Kabupaten Pacitan. Untuk mangdopsi program yang telah berhasil dilaksanakan, terutama pada Sistem keterbukaan informasi publik, pelayanan terhadap masyarakat

“Kedatangan kami dalam studi tiru ini untuk mempelajari program-program unggulan yang dimiliki Kabupaten Pacitan. Untuk mangdopsi program yang telah berhasil dilaksanakan, terutama pada pelayanan terhadap masyarakat.” Ucapnya saat sampaikan sambutan di ruang PPID Pacitan.

Pemerintah daerah Kabupaten Labuhanbatu Utara sangat mengapresiasi keterbukaan informasi terhadap publik. Buktinya, tiap pelaporan penggunaan APBD dipaparkan dalam website milik pemkab. Di dunia maya pula publik bisa mengakses data secara bebas.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Labuhanbatu Utara Teddy Yulianto S.STP M.Si yang juga menjabat sebagai Ketua PPID mengatakan kunjungan studi tiru ke Pacitan dikarenakan Kabupaten Pacitan telah menerima empat penghargaan sekaligus dalam PPID Award yang diselenggarakan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur pada tahun kemarin.

“Kabupaten Pacitan telah menerima empat penghargaan sekaligus dalam PPID Award yang diselenggarakan Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur pada tahun kemarin. Itu makanya kita laksanakan Studi tiru ke Kabupaten Pacitan ini.” Ungkapnya.

Beberapa penghargaan tersebut antara lain: peringkat pertama kategori transparansi pengelolaan anggaran terbaik se-Jatim, peringkat pertama penghargaan khusus meja layanan terbaik, peringkat pertama website terbaik, dan raihan kategori A (sangat terbuka) dalam sistem layanan informasi. Sedangkan selaku OPD Pengelola PPID Terpadu (website dan meja layanan) meraih peringkat terbaik II.

Kunjungan Studi tiru juga dirangkai dengan Pemberian penghargaan dari masing -masing Kabupaten.

Tim PPID yang turut mengikuti studi tiru :

Sahrun Edi, AMKG Kasi Pengembangan Medik Rumah Sakit Umum daerah Aek Kanopan, Sekretaris Perumahan dan Kawasan permukiman Mujiono, S.Pd, Bendahara pengeluaran Perumahan dan Permukiman Juniarsah Tanjung, A. Md, Kasubbag Umum Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukatno, SE, Hamdan ritonga. SE kasubbid Administrasi Anggaran BPKAD, Agung iskandar tarigan.SE Kasubbid perencanaan dan penyusunan Anggaran pada BPKAD, Kabag Persidangan dan Risalah Sekretariat DPRD Eddy Malvin Sihaloho. S. Sos, Sekretaris PUPR Muhammad Yusuf, ST