Home » Berita dan Kegiatan » Wabub Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilgubsu

Wabub Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilgubsu

Labura – Untuk antisipasi jika terjadi kerusuhan saat Pemilihan Gubernur Sumatera Utara mendatang, Polres Labuhanbatu melaksanakan apel gelar pasukan yang diikuti anggota Polres Labuhanbatu, TNI-AD, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu di lapangan Binaraga Rantau Prapat, Selasa (27/2).

Wakil Bupati Labura Drs. Dwi Prantara, MM yang hadir pada acara tersebut mengatakan simulasi yang dilaksanakan Polres Labuhanbatu ini sangat bermanfaat sekali pada saat pilgubsu mendatang apabila ada terjadi kerusuhan di wilayah Labuhanbatu Raya.

“Kalau kita cermati simulasi yang dilakukan tadi, sangat banyak sekali manfaatnya. Kita dapat tau bagaimana solusi jika terjadi kerusuhan pada saat Pilgubsu mendatang”, tuturnya.

Sedangkan Kapolrea Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SIK mengataka bahwa yang di laksanakan ini merupakan simulasi penanganan unjuk rasa Pilkada dengan sistem pengamanan kota (Sispamkota) oleh gabungan aparat pengamanan yang terdiri dari Polres Labuhanbatu, TNI-AD, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu Raya . Simulasi beberapa adegan dari mulai tahapan kampanye, pencoblosan hingga penghitungan suara dan penetapan kepala daerah diperagakan oleh anggota TNI dan Polri.

“Dalam simulasi ini, kita menurunkan 700 lebih personil gabungan pegamanan, yang pada saat pencoblosan suara di Pilkada nanti agar tetap terjaga kondusifitas. Daerah rawan kericuhan dalam pencoblosan di bilik suara juga sudah kita antisipasi. Hal ini bertujuan untuk lebih menjaga kemungkinan kericuhan yang akan terjadi,“ ungkap Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SIK.

Turut menghadiri dari Pemkab Labura Kaban Kesbangpol Endar sakti, Kasad Pol PP Irwansyah Pohan, anggota DPRD Sugito, Ketua KPU Labura Megawati, dan Ketua Bawaslu Labura.