Home » Berita dan Kegiatan » Wabup Labura Bertindak Sebagai Irup Peringatan Hari Santri

Wabup Labura Bertindak Sebagai Irup Peringatan Hari Santri

Labura – Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri merupakan babak baru dalam sejarah umat Islam Indonesia. Mulai hari itu, kita dengan suka cita memperingati Hari Santri yang merupakan wujud relasi harmoni antara pemerintah dan umat Islam, khususnya bagi kalangan santri.

Hal itu diucapkan Wakil Bupati Labuhanabtu Utara (Labura) Drs.H.Dwi Prantara,MM saat mengikuti peringatan Hari Santri di Lapangan Bayangkara Aek Kanopan, Senin (22/10).

Wabub Labura yang bertindak sebagai Inspektur upacara serta pembacaan teks Pancasila dan juga membacakan pidato tertulis Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan, melalui upacara Hari Santri kali ini, Kementerian Agama mengusung tema Bersama Santri Damailah Negri. Isu perdamaian diangkat sebagai respon atas kondisi bangsa Indonesia yang saat ini sedang menghadapi berbagai persoalan, seperti maraknya hoaks, ujaran kebencian, polarisasi simpatisan politik, propaganda kekerasan, hingga terorisme.

Lanjutnya, Hari Santri tahun ini merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi Islam di Indonesia. Dengan karekter kalangan pesantren yang moderat, toleran, dan komitmen cinta tanah air, diharapkan para santri semakin vokal untuk menyurakan dan meneladankan hidup damai serta menekan lahirnya konflik di tengah-tengah keragaman masyarakat.

Upacara Peringatan Hari Santri yang dilaksanakan di Lapangan Bayangkara Aek Kanopan itu juga dihadiri para santri dan pelajar, ASN, serta tamu undangan lainnya.