Home » Berita dan Kegiatan » Wakil Bupati Buka Musrenbang RKPD Labura

Wakil Bupati Buka Musrenbang RKPD Labura

Aekkanopan – Wakil Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) Drs.Dwi Prantara,MM membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rapat Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2018 di Aula Grand Hotel Labura, Selasa (21/3).

Acara Musrenbang RKDP berlangsung selama dua hari dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Labura Drs. H Ali Tambunan,Sekdakab Drs. Ahmad Fuad Lubis, unsur Forkopimda, para kepala SKPD, pengueus FKUB, para Kabag, camat, pemuka agama, tokoh masyarakat, tokoh politik, pemuda dan isan pers.

Pidato sambutan Bupati Labura H Kharuddin Syah, SE yang dibacakan Wakil Bupati Drs. Dwi Prantara, MM. Beliau mengatakan, “dilaksanakannya Musrenbang RKDP Tahun 2018 untuk menyempurnakan rencana kerja SKPD dan RKPD Kabupaten Labura sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistim perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan pemerintah Nomor 8 Tahun 2008.”

“Musrenbang RKDP Tahun 2018 diharapkan mesingkronisasikan antara prioritas pembangunan kabupaten,propinsi dan prioritas pembangunan nasional. Dalam pelaksanaan pembangunan sampai saat ini belum bisa menjawab permasalahan yang ada dan perlu kita tingkatkan dimasa mendatang”, ungkapnya.

“Ini dapat diwujudkan bila ketiga pihak pembangunan yaitu pemerintah,dunia usaha dan masyarakat dapat melaksanakan secara bersinergi sesuai peran masing masing diawali sejak dari perencanaan.Musrenbang ini dapat diwujudkan keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan pemabangunan daerah.” tambahnya.

Sambungnya, “Musrenbang dari tingkat desa dilaksanakan sesuai aspirasi masyarakat benar benar tertampung dalam program serta kegiatan diusulkan merupakan kesepakatan sesuai skala prioritas. Acuan pencapaian prioritas pembangunan kabupaten yaitu pengembangan infrastruktur ekonomi, sosial, budaya, kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan, pemerintah bersih wibawa, pelayanan publik dan pengembangan budaya dalam pembangunan.”

Ketua panitia pelaksana Kepaka Bappeda Kabuoaten Labura M.Ikhwan Lubis, ST, MT dalam sambutannya menjelaskan, tujuan untuk menyempurnakan kerja SKPD tahun 2017 untuk mensingkronisasikan rencana kerja dari pemerintah pusat.

“Musrenbang RKPD dilaksanakan selama dua hari dimulai selasa 21 hingga 22 Maret 2017 yang ikuti Anggota DPRD, Forkopimda, SKPD, Camat, PPK, pimpinan perusahaan, pemuka agama, pemuka masyarakat, organisasi pemuda, partai politik, Bank Sumut”, ungkap Kepaka Bappeda.

Musrembang ini mengambil thema “Melanjutkan pemerataan pembangunan infrastruktur, kualitas pendidikan, pelayanan kesehatan dan peningkatan pelayanan prima dalam menumbuh kembangkan inovasi dan kreatifitas potensi unggukan daerah menuju pertumbuhan ekonomi masyarakat yang sejahtera”.

Sementara Ketua DPRD Labura Drs.H Ali Tambunan mengatakan, RKPD harus bisa memadukan usulan usulan dari desa dan kecamatan yang sebelumnya telah melaksanakan musrenbang.

“Desa di Labura harus bisa diupayakan mendapat proyek pembanguanan secara profesional dan tidak ada diskriminasi baik desa di pegunungan dan daerah pinggiran pantai. Proyek yang besar diharapkan segera di usulkan kepada pemerintah daerah dan pusat agar segera terealisasi secara merata”, ungkap Drs.H Ali Tambunan.

Beliau berharap, semua SKPD dapat menyusun program kerjanya dengan baik dan merata. Keamanan juga harus di tingkatkan di Labura dan hal ini harus dipikirkan dalam musrenbang ini. (Rif)