Home » Berita dan Kegiatan » Wujudkan Labuhanbatu Utara Inovatif, Saljukdin : Harus Didukung Semua Elemen

Wujudkan Labuhanbatu Utara Inovatif, Saljukdin : Harus Didukung Semua Elemen

Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) melalui Badan Penelitian dan Perkembangan Labura menggelar Sosialisasi Sistem Inovasi Daerah (SIDa) yang di pusatkan di Gedung Serba Guna Kantor Bupati Labura, Selasa (27/03).

Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H.Kharuddin Syah, SE pada arahan yang disampaikan melalui Asisten Ekonomi Daerah dan Pembangunan Raja Saljukdin, M.Si mengatakan bahwa keberhasilan SIDa harus didukung oleh semua elemen.

“karena itu saya minta kepada Balitbang , untuk mengkoordinasikan semua elemen, sehingga kolaborasi, kerja dan kemitraan lebih efektif, demi mewujudkan Labuhanbatu Utara inovatif.” ucap saljukdin.

Inovasi adalah kegiatan penelitian pengembangan penerapan pengkajian perekayasaan dan pengoperasian, yang selanjutnya disebut kelitbangan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.

Saljukdin menerangkan, bahwa di era globalisasi segala sesuatu selalu dikaitkan dengan kecanggihan. untuk produk selalu dimodifikasi dan diupdate untuk mengimbangi yang lama.

“untuk produk selalu dimodifikasi dan diupdate untuk mengimbangi yang lama dan untuk inilah dibutuhkan inovasi.” terang Saljukdin.

Penguatan sistem inovasi daerah (SIDa) merupakan salah satu program nasional yang tertuang dalam Peraturan Bersama Menteri riset dan Teknologi Republik Indonesia dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Yang merupakan pilar dari sistem inovasi daerah, dalam mengalokasikan potensi untuk meningkatkan pembangunan ekonomi serta menciptakan peluang bisnis yang menguntungkan dalam mempercepat laju pertumbuhan ekonomi daerah.

Saljukdin berharap kepada Kepala OPD yang mengikuti sosialisasi, Outcomenya dapat bermanfaat sebagai bahan referensi dan bahan masukan bagi Balitbang Labuhanbatu Utara

“Saya berharap, setelah mengikuti pelaksanaan sosialisasi SIDa ini Outcomenya dapat bermanfaat sebagai bahan referensi dan bahan masukan bagi Balitbang Labuhanbatu Utara dalam pelaksanaan program SIDa di Labuhanbatu Utara.” harapnya.

Dalam kesempatan itu saljukdin juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan penelitian dan pengembangan Kabupaten Labuhanbatu Utara.

atas penyelenggaraan sosialisasi ini tindak lanjut dari sosialisasi ini agar Balitbang melaksanakan koordinasi ke Propinsi Pusat maupun kepada perguruan tinggi dan pelaku usaha, supaya terjalin sinkronisasi dan Sinergi kebijakan penguatan SIDa.

Hal senada juga diucapkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Perkembangan Labuhanbatu Utara Drs. Ismael Hasibuan, MM. pada laporanya mengatakan bahwa tujuan dari pelaksanaan ini ialah agar pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat memiliki pemahaman dan persepsi yang sama terkait sistem inovasi daerah juga memiliki pemahaman tentang Kekayaan Hak Intelektual.

Sosialisasi SIDa menghadirkan Narasumber Dr. Heric Saksono M.Si, Peneliti Madya Bidang Kepakaran Bisnis dan Manajemen pada Kementrian Dalam Negri Republik Indonesia dan Ir.Rosnawyta Simanjuntak M.P Ketua Sentra Kekayaan Intelektual Universitas HKBP Nomensen